Sabtu, 18 Maret 2017 08:54 WIB

AS Tegaskan Dukungan untuk NATO

Editor : Yusuf Ibrahim
Angela Merkel (kiri) dan Donald Trump. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menegaskan dukungannya yang kuat untuk NATO saat bertemu dengan Kanselir Jerman, Angela Merkel.

Ia juga menekankan kepada Merkel untuk memenuhi target belanja NATO.

"Saya menegaskan kepada Kanselir Merkel dukungan kuat saya untuk NATO sebagaimana pentingnya bagi sekutu kami NATO secara adil membayar untuk biaya pertahanan," kata Trump pada konferensi pers bersama dengan Merkel seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (18/3/2017).

Sementara Merkel mengatakan kepada Trump jika Jerman perlu untuk memenuhi tujuan belanja NATO. Keduanya juga membahas Ukraina dan Afghanistan.

Trump mengatakan ia berharap AS melakukan hal yang fantastik dalam perdagangan dengan Jerman, sementara Merekel berharap AS dan Uni Eropa bisa melanjutkan diskusi tentang perjanjian perdagangan. Trump mengatakan ia tidak percaya pada isolasionisme tapi kebijakan perdagangan harus lebih adil.

"Kami mengadakan pembicaraan di mana kami mencoba untuk mengatasi juga daerah-daerah di mana kita tidak sepakat, tapi kami mencoba untuk membawa orang bersama-sama dan mencoba untuk menemukan kompromi yang baik untuk kedua belah pihak," kata Merkel.

Sebelumnya, Trump menyambut Merkel di Gedung Putih dengan jabat tangan sebelum mereka memulai pembicaraan di Oval Office. Kedua pemimpin menjelaskan pertemuan mereka dalam sambutan singkatnya kepada wartawan dengan sangat baik.(exe/ist)


0 Komentar