Rabu, 15 Februari 2017 08:15 WIB

Jelaskan Pola Pengamanan, Kapolsek Setiabudi Pantau Lokasi TPS Djarot

Reporter : Arif Muhammad Ryan Editor : Yusuf Ibrahim
Situasi di TPS 08, Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan. (foto Ryan/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pilgub DKI Jakarta dilaksanakan Rabu (15/02/2017).

Tiga pasangan calon akan menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) terdaftar. Cagub DKI nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan mencoblos di TPS 6 Kelurahan Rawa Barat, Jakarta Selatan. Sedangkan wakilnya, Sylviana Murni mencoblos di TPS 103 Kelurahan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Lalu Cagub DKI nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan mencoblos di TPS 54 Kelurahan Pluit, Jakarta Utara. Sementara wakilnya, Djarot Saiful Hidayat akan mencoblos di TPS 08 yakni Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Kemudian Cagub nomor urut tiga, Anis Baswedan akan mencoblos di TPS 028 yakni Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Sementara wakilnya, Sandiaga Uno, akan menggunakan hak pilihnya di TPS 1, Kelurahan Selong, Jakarta Selatan.

Dari pantauan Tigapilarnews.com, di TPS 08 tempat Djarot mencoblos, tampak beberapa Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan aparat keamanan. Kapolsek Setiabudi, AKBP Murwoto, juga terlihat memantau langsung ke TPS dan memeriksa sejumlah kesiapan dan kelengkapan.

Murwoto menjelaskan, meskipun TPS 08 dijadikan tempat pengambilan suara Djarot, namun tidak ada pengamanan kusus yang disiapkan. "Untuk pengamanan kita sesuai pola yakni 2, 8, 16. Maksudnya, dua polisi delapan TPS dan enam belas Pamsum," ujar Murwoto di lokasi.

Terdapat tiga bilik suara dan satu kotak suara yang disiapkan panitia untuk dijadikan tempat pengambilan suara dan penyimpanan surat suara. Beberapa kursi juga disiapkan di TPS yang didirikan di atas lapangan bulu tangkis tersebut.
 
Ada beberapa meja dan kursi yang disiapkan di lokasi yang nantinya akan dipakai untuk tempat pendaftaran, saksi, panwas TPS, KPPS, tinta, dan penitipan handphone.

Di TPS 08 ini terdapat 419  orang yang terdaftar untuk menggunakan hak pilihnya, sedangkan Djarot berada di nomor urut 64 sementara istrinya Happy Farida berada dinomor urut 63.

Dari informasi yang didapat keluarga Djarot akan mendatangi TPS pada Pukul 09.00 WIB. Saat ini, belum terlihat kedatangan saksi dari masing-masing kandidat, namun karena waktu sudah menunjukkan Pukul 07.00 WIB, ketua KPPS Masud membuka TPS dengan mengambil sumpah anggota KPPS dan menandatangani surat perjanjian.(exe)