Selasa, 14 Februari 2017 14:11 WIB

KPU Jaksel Fasilitasi Ratusan Tahanan Polda untuk Mencoblos

Editor : Danang Fajar
Ketua KPU Jaksel, Muhammad Ikbal (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com -  Sebanyak 102 tahanan yang berada di Polda Metro Jaya dipastikan telah terdaftar sebagai pemilih pada Pilgub DKI Jakarta, 15 Februari 2017. 

Ketua KPU Jaksel, Muhammad Ikbal menerangkan, ke-102 tahanan Polda Metro Jaya itu didaftarkan untuk mencoblos di TPS 01 Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Namun karena tahanan tidak memungkinkan keluar dari rutan untuk mencoblos di TPS,  petugas dan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan datang ke rutan untuk mendirikan bilik suara khusus pada hari pencoblosan.

"Mereka melakukan pemilihan di dalam Polda, nanti panitia datang bersama saksi," ujar Ikbal kepada wartawan, Selasa (14/2/2017) siang.

Ikbal menjelaskan , meski berstatus tahanan, mereka tetap berhak memberikan suaranya untuk memilih pemimpin DKI lima tahun ke depan. Selain memfasilitasi tahanan Polda Metro Jaya, pihaknya juga menyiapkan petugas untuk melayani pemungutan suara di tempat khusus lainnya, seperti rumah sakit, apartemen, dan lain-lain.

Secara umum, Ikbal menyatakan bahwa pihaknya telah siap melaksanakan pemungutan suara pada 15 Februari nanti. Seluruh proses mulai dari pengangkatan PPK dan PPS, proses pemutakhiran data, lalu sortir-lipat-hitung surat suara hingga pendistribusian logistik Pemilu telah selesai dilakukan.

Untuk diketahui, KPU Kota Jakarta Selatan menetapkan 1.593.700 warga ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan memilih di 2.973 TPS di 65 kelurahan dalam 10 kecamatan se-Jakarta Selatan.

Jumlah surat suara di Jakarta Selatan sendiri adalah 1.634.980 surat suara (DPT+2,5 persen surat suara cadangan). Sebanyak 20.811 petugas KPPS akan bertugas pada hari pemungutan suara.

"Rekap penghitungan suara rencananya tanggal 22, 23, 24 Februari di Hotel Ambhara Kebayoran Baru. Kita sudah siap seratus persen untuk melaksanakan Pemilu," kata Ikbal.