Senin, 13 Februari 2017 12:06 WIB

Cabai Rawit Merah di Indramayu, Rp 160 Ribu/Kilogram

Editor : Hermawan
Ilustrasi.

INDRAMAYU, Tigapilarnews.com - Harga cabai rawit merah di pasar Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mencapai Rp 160 ribu per kilogram karena pasokan yang berkurang.

"Sekarang harga cabai rawit merah Rp 160 ribu per kilogram, dan kemarin saya jual Rp 130 ribu per kilogram," kata seorang pedagang di Pasar Baru Indramayu, Mimin, Senin (13/2/2017).

Menurutnya, kenaikan harga itu dikarenakan kurang pasokan dari pasar induk yang biasanya menjual cabai rawit merah itu banyak, tapi untuk saat ini hanya satu dua orang saja.

Pihaknya juga mengurangi pembelian biasanya mencapai 5-6 kilogram, namun sekarang paling banyak hanya 2 kilogram, dikarenakan harga cabai rawit merah mahal.

"Kalau belinya banyak, modalnya tidak cukup. Sekarang saja misalkan beli 2 kilogram sudah sampai Rp 300 ribu, jadi belanjaan hanya dapat cabai saja," ujarnya pula.

Sedangkan harga cabai rawit hijau mengalami penurunan, ia menjualnya Rp 0 ribu per kilogram dari sebelumnya pada kisaran Rp 90 ribu/kg.

Harga cabai mahal itu membuat pelanggan mengurangi pembelian, paling banyak membeli cabai rawit merah hanya seperempat kilogram, padahal biasanya ada yang membeli sampai 2 kilogram.

"Sekarang pembeli juga mengurangi pembelian, paling banyak seperempat kilogram, dan saya juga tidak melayani pembeli dengan nominal seribu atau lima ribu rupiah, sekarang pakai ons," ujarnya lagi.

Seorang pembeli Umiyati mengatakan harga cabai naik terus padahal kemarin ia membeli setengah ons masih Rp3 ribu, tapi sekarang mengalami kenaikan lagi sehingga memberatkan pengeluaran untuk belanja.

"Naik lagi harganya, jadi saya membeli setengah ons saja," katanya.