Selasa, 03 Januari 2017 14:18 WIB

Berencana Ambil Alih Pelayanan, PT Pelni Survei Pelabuhan Muara Angke

Editor : Danang Fajar
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) berencana mengambil alih layanan pelayaran Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara. PT Pelni pun melakukan survei ke setiap dermaga yang ada di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Selasa (3/1/2017).

Senior Manager Operasional PT. Pelni Pusat, Laode Muhisi mengatakan, bersama tim dari kementrian perhubungan telah melakukan survei langsung di Dermaga Pelabuhan Muara Angke. Survei meliputi kedalaman laut dan fasilitas pelayanan penumpang.

"Kita turut ambil langkah cepat. Kita survei kelayakan pelabuhan," kata Muhisi, Selasa (3/1/2017)

Muhisi menuturkan, Dermaga minimal memiliki empat hingga lima meter kedalaman laut. Menurutnya, panjang dermaga telah mencukupi digunakan kapal jenis fery untuk bersandar. Hanya saja, akses masuk kendaraan penumpang menuju Pelabuhan Muara Angke yang dinilai kurang memadai.

"Kami rencana akan taruh satu kapal kesini. Kalau fasilitas terminal sebenarnya cukup memadai tapi butuh dikembangkan," ujarnya.

Tidak hanya PT Pelni, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga telah memerintahkan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) untuk mengambil alih Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke. Kejadian kapal berpenumpang tampa tiket tidak BOLEH terulang kembali.

"Saya sudah koordinasi dengan Gubernur untuk ini diakomodasi," kata Budi kemarin.
0 Komentar