Kamis, 29 Desember 2016 16:11 WIB

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspadai 3 Penyakit Mematikan Ini

Editor : Hermawan
Laporan: Bili Achmad

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat mewaspadai berbagai penyakit mematikan seperti virus zika, demam berdarah, dan flu burung yang diprediksi bisa saja menjangkiti masyarakat Indonesia pada 2017.

Sebab, ketiga penyakit tersebut bersifat re-emerging, artinya bisa muncul kapan saja meskipun sudah hilang.

"Sepanjang 2016, kami menghadapi berbagai tantangan, banyak penyakit yang mendadak muncul kembali seperti virus zika, ini harus tetap kita waspadai di 2017 mendatang," ungkap Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemekes, M Subuh di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (29/12/2016).

Dikatakan Subuh, kewaspadaan tersebut, dirasa perlu mengingat penyakit tersebut masih terus ada meskipun sudah dilakukan berbagai upaya pencegahan.

"Selain virus zika, DBD adalah penyakit jadi langganan kita tiap tahunnya, ini harus diwaspadai juga," tandas Subuh.

Sementara itu, untuk penyakit flu burung, Kemenkes telah membuka pusat pemantauan penyakit epidemi (epidemiologist operation center/EOC) selama 24 jam di Indonesia guna mencegah masuknya penyakit mematikan tersebut.

"Jadi dengan EOC ini, kita bisa memantau penyakit apa saja yang diidap masyarakat Indonesia selama 24 jam. Kami bekerja sama dengan jaringan di negara-negara lain seperti CDC Atlanta USA, Asia Timur, dan sebagainya untuk saling bertukar informasi terkini seputar penyakit yang sedang jadi epidemi," pungkas Subuh.

 
0 Komentar