Kamis, 03 November 2016 18:07 WIB

Dinkes Kabupaten Tangerang Sosialisasi Antisipasi Penyebaran Virus Zika

Editor : Hermawan
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Dalam mengantisipasi penyebaran virus Zika di kabupaten Tangerang, pemerintah daerah dan dinas kesehatan setempat melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan kader puskesmas di setiap kecamatan.

Ni Wayan Manik Kusmayani, Kabid Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PPL), Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mengatakan, pihaknya telah melakukan pembahasan dengan Kementerian Kesehatan terkait sosialisasi antisipasi penyebaran virus Zika, dan simulasi pencegahan dengan lintas sektoral.

"Sudah diadakan pertemuan dan Bupati Tangerang (Zaki Iskandar) pun telah mengeluarkan surat edaran terkait peningkatan kewaspadaan terhadap adanya virus Zika. Surat edaran ini pun akan diberikan pada setiap Camat dan Kader Puskemas," ujar Ni Wayan Manik, Kamis (3/11/2016).

Manik menjelaskan sebagai bentuk peningkatan kewaspadaan dan antisipasi virus Zika, yaitu dengan cara menerapkan program 3 M (menutup, menguras dan mengubur) .

"Bentuk antisipasinya sama seperti antisipasi penyakit DBD atau demam berdarah, yaitu, dengan peningkatan program 3M. Untuk wilayah di kabupaten Tangerang sampai saat ini belum ada yang terdekteksi virus Zika, tapi untuk lokasi yang rawan DBD dan kemungkinan bisa ke virus Zika, mengingat virus Zika juga disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, yaitu permukiam padat penduduk, kumuh atau pedesaan," pungkasnya.

 
0 Komentar