Jumat, 28 Oktober 2016 13:52 WIB

DPR: Hari Sumpah Pemuda Jadi Momentum Instropeksi Diri

Editor : Rajaman
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengungkapkan dimomen hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini harus dapat mengemakan persatuan dan kesatuan para pemuda untuk menyatukan tekad dan semangat kelepasan dari belenggu penjajahan dan ketertindasan menuju Indonesia merdeka.

"Hari ini, semangat itu kembali menggema dan menggelora. Saya berharap dengan semangat yang sama, meski dalam kondisi yang berbeda," kata Taufik di Gedung DPR, Jumat (28/10/2016).

Taufik berharap, para pemuda di era saat ini tetap sama satu tujuan dengan para pemuda yang berjuang untuk Indonesia kala itu. Dalam artian, sama mengisi kemerdekaan, menyejahterakan rakyat, meneguhkan nasionalisme demi keutuhan NKRI dan memberantas segala bentuk ancaman yang mendegradasi generasi yang akan datang.

"Dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini seharusnya direspons dengan baik melalui pengejawantahan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang diwariskan oleh Gema Sumpah Pemuda," tegasnya.

Pasalnya, kata Taufik, bangsa Indonesia saat ini sedang dikepung oleh berbagai tantangan, mulai dari perilaku korupsi, penyalahgunaan narkoba serta ancaman terorisme. Ironisnya, ancaman-ancaman tersebut melibatkan generasi dan kalangan muda yang seharusnya memberi inspirasi, perubahan dan perbaikan untuk bangsa.

"Karena itu, semangat Sumpah Pemuda sangatlah relevan dengan kondisi saat ini. Bukan hanya karena pemuda adalah harapan bangsa, sumber persatuan dan kesatuan, namun juga karena mereka tergolong riskan dan rawan terjerumus dalam perilaku yang mendegradasi nasionalisme itu sendiri," cetusnya.

Waketum PAN ini meminta agar hari Sumpah Pemuda saat ini menjadi momentum intropeksi dan perbaikan diri oleh para pemuda di Indonesia.

"Itu harus dipelopori oleh kaum muda. Energi dan Sumber Daya mereka begitu potensial untuk mengisi kemerdekaan dan meneruskan cita-cita bangsa dan negara. Sumpah Pemuda harus menunjukkan bahwa bangsa ini dipenuhi harapan besar untuk lebih maju dan berkembang seiring dengan potensi generasi muda yang dimilikinya," tandasnya.
0 Komentar