Jumat, 14 Oktober 2016 13:54 WIB

Habib Rizieq Pimpin Demo Puluhan Ribu Massa Ormas ke Balaikota

Editor : Rajaman
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Puluhan ribu massa dari berbagai organsisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam tampak memadati Masjid Istiqlal. Masjid itu dipenuhi dengan massa berpakaian putih itu sejak sebelum shalat Jumat maupun sesudahnya.

Berdasarkan pantauan, kawasan Masjid Istiqlal tumpah ruah oleh anggota ormas yang hendak menggelar demo untuk mendesak agar penegak hukum menangkap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) yang telah menistakan agama.

Tidak hanya itu, parkiran Istiqlal pun juga tampak penuh, sehingga kendaraan roda dua pun banyak yang terparkir secara sembarangan, seperti jalanan, dan di pintu-pintu samping Istiqlal. Parkiran kendaraan itu pun sampai menutup jalur Busway. Selain itu, di dalam masjid Istiqlal pun tampak penuh sesak. Sehingga, massa pendemo pun menggelar shalat Jumat di pelataran jalanan.

Selain FPI, ormas dari Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) juga menggelar shalat Jumat di pelataran masjid karena penuhnya Masjid Istiqlal. Selain GMJ, tampak pula pendemo dari ormas lainnya yang juga menggelar shalat di luaran Masjid.

Rencananya, usai solat Jumat, ribuan massa dari berbagai ormas, seperti GMJ, Kobar, FORKABI, Akbar, Forum Umat Islam, dan FPI bakal menggelar demo dan longmarch di sepanjang jalan menuju Bareskrim Polri dan Balaikota Jakarta.

Usai shalat Jumat, pimpinan FPI Habib Rizieq tampak menaiki mobil orasi bersama sejumlah tokoh Islam lainnya. Lalu Habib Rizieq membacakan sebuau petisi bela Islam di atas mobil tersebut. Para tokoh agama itu juga menegaskan bahwa demo aksi ini tidak ada kaitannya dengan Pilkada, tapi murni karena Ahok telah menistakan agama.

"Berdasarkan pernyataan MUI bahwa Ahok telah menista Islam dan menghina orang Islam maka habaib dan ulama menyatakan bahwa kami mendesak penegak hukum dari jajaran kepolisian, kejaksaan, serta pengadilan harus segera memproses hukum Ahok tetkait penistaan agama!" teriak Habib Riziq di depan ribuan massa itu saat membacakan petisi.

Sebelumnya, sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam akan menggeruduk kantor Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Aksi demo yang diperkirakan mencapai belasan ribu massa ini dikawal ketat oleh polisi dan juga TNI.

Selain itu, aksi demo ini juga akan dilakukan di kantor sementara Bareskrim Mabes Polri gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Gambir, Jakarta Pusat.

8.380 personel aparat kepolisian gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat disiagakan pada lokasi perkumpulan massa, di antaranya Monas, Patung Kuda depan Gedung Indosat, Masjid Istiqlal, depan Kantor Kementerian KKP, dan Balai Kota DKI.
0 Komentar