Senin, 26 September 2016 15:39 WIB

Puluhan Relawan Dilatih Penanggulangan Bencana

Editor : Danang Fajar
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Antisipasi bencana rawan banjir di wilayah Jakarta Utara, sebanyak 60 kader relawan dilatih keterampilan penanggulangan bencana di Aula RPTRA Sungai Bambu, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Senin (26/9/2016) siang.

Latihan Antisipasi Penanggulangan bencana tersebut di hadiri juga oleh Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Kota Jakarta Utara, Febriana Tambunan dan Lurah Sungai Bambu, Sumarno.

Asisten Pemerintahan Jakarta Utara, Abdul Khalit mengharapkan partisipasi masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana di wilayah Jakarta Utara.

"Masyarakat bisa berkontribusi menjadi relawan. Tidak bisa dipaksakan tapi dalam hati merasa terpanggil untuk menjadi relawan yang menjalankan tugas kemanusiaan," jelas Abdul Khalit.

Selain upaya evakuasi, para kader relawan diharapkan dapat melakukan langkah selanjutnya seperti menyiapkan makanan siap saji untuk korban bencana dan sebagainya. Dalam pelatihan kali ini, para relawan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Dengan adanya pelatihan maka kita akan mengetahui langkah-langkah penanganan bencana. Intinya, jangan panik saat bencana datang. Apalagi saat ini musim penghujan tak menentu jadi harus selalu siaga," ujar Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Kota Jakarta Utara, Febriana Tambunan.
0 Komentar