Senin, 12 September 2016 15:53 WIB

Dandim Jaktim: Berkurban Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Editor : Danang Fajar
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Kodim 0505/Jakarta Timur merayakan Idul Adha dengan menggelar prosesi pemotongan hewan kurban. Nantinya daging kurban akan diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu atau membutuhkan.

Komandan Kodim 0505/JT Letkol Inf Iwan Setiawan mengatakan ada 19 hewan kurban akan disembelih oleh para anggota dan hal ini juga sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaraan dengan seluruh keluarga besar Kodim.

"Hewan kurban yang disembelih 1 ekor sapi dan 18 ekor kambing yang akan diberikan kepada orang-orang fakir untuk mencukupi kebutuhan mereka pada hari itu, diberikan kepada kerabat untuk menyambung silaturrahim, diberikan kepada tetangga sebagai bantuan dan boleh juga diberikan kepada teman-teman untuk mengokohkan ikatan persaudaraan," ujarnya kepada wartawan, Senin (12/9/2016) siang.

Dirinya menambahkan kegiatan kurban tersebut adalah sebuah gambaran yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim untuk lebih meneguhkan diri serta memperkuat ketabahan hati secara pribadi.

"Pertama, makna berkurban adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Berkurban” itu berarti kesunggguhan manusia dengan menyerahkan segalanya kepada Allah Sang Pencipta," tambahnya.

Dirinya menjelaskan selain berserah diri kepada tuhannya, berkurban manusia tersebut diajarkan untuk bagaimana manusia dapat berbagi dengan umat manusia yang lainnya.

"Yang pastinya mereka kurang mampu. Ketiga, dengan berkurban keikhlasan dari manusia itu pastinya diuji, diuji dari sifat rakus dan tamak akan harta dunia yang mereka senangi," jelasnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa hikmah berkuban di perayaan Idul Adha kali ini bisa menjadi semangat para anggota untuk mempertebal iman.

"Dan para anggota kodim 0505/JT menjadi pondasi yang kuat dalam bekerja dan mengabdi kepada bangsa dan negara," pungkasnya.
0 Komentar