Kamis, 01 September 2016 20:10 WIB

TNI Abal-abal Diringkus di Tambun

Editor : Hermawan
Laporan: Rachmat Kurnia

BEKASI, Tigapilarnews.com - Nengah Agung Rehiyani alias NAR (44) yang mengaku sebagai anggota TNI AD, dibekuk Polresta Bekasi di ATM SPBU Kalimalang, Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan.

Diketahui, NAR merupakan anggota TNI AD abal-abal yang mengaku bisa mempermudah proses untuk masuk menjadi anggota TNI dengan syarat menyerahkan uang Rp 85 juta.

"Dia (NAR) seorang anggota TNI gadungan yang lihai menipu masyarakat di kawasan Tambun Selatan, korbanya melapor ke kami. Dia bernama Hadi," ujar Kapolresta Bekasi Kombes M Awal Chairuddin, di Polresta Bekasi, Kamis (1/9/2016) sore.

Kombes Awal mengatakan dalam aksinya pelaku yang sehari-hari menganggur itu kerap meminta uang dengan alasan untuk tes ini dan itu.

Semisal, untuk tes tinggi badan, kesehatan, wawancara serta pembagian jatah buat panitia.

"Jadi disuruh bayar, ya bayar. Disuruh menyerahkan uang, ya menyerahkan dan disuruh apa saja dilakukan demi bisa masuk tentara. Sayangnya semua itu sia-sia karena NAR hanya berusaha menipu dengan kedok anggota TNI," katanya.

Aksi pelaku baru terungkap setelah Hadi (korban) merasa curiga lantaran NAR terus mengelak saat diminta menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) TNI.

Selain itu, tersangka juga tak bisa menjelaskan saat ditanya dari mana asal kesatuanya.

Atas perbuatannya, kini NAR mendekam di balik jeruji besi tahanan Mapolresta Bekasi dengan jeratan pasal 378 tentang penipuan.

"Kami juga mengamankan bukti kuitansi senilai Rp 60 juta. Pelaku terancam 4 tahun penjara," pungkas Kombes Awal.
0 Komentar