Selasa, 09 Agustus 2016 21:00 WIB

PDAM TKR Optimalkan Air Bersih di Wilayah Kabupaten Tangerang

Editor : Rajaman
Laporan: Arif Muhammad Riyan

TANGERANG, Tigapilarnews.com - PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) menyatakan, wilayah Barat Kabupaten Tangerang memiliki potensi strategis untuk dikembangkan dari segi infrastruktur.

Selain terdapat ibu kota Kabupaten Tangerang, wilayah tersebut menjadi alternatif bagi masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengembangkan pemukiman dan industri.

Terlebih, wilayah Timur dan Selatan dinilai relatif sangat mahal dalam segi harga tanah. Sementara, wilayah Utara masih memiliki keterbatasan dalam segi infrastruktur.

Menurut Dirut PDAM TKR Kabupaten Tangerang, Rusdy Machmud, kemampuan sistem eksisting ini dirasakan masih sangat kurang dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pembangunan perumahan dan industri cukup pesat sementara kemampuan PDAM TKR dalam melayani kebutuhan air minumnya masih memiliki keterbatasan.

"Sistem yang dimiliki saat ini hanya sebesar 100 l/det ditambah dengan pembelian air curah sebesar 50 l/det. Potensi sistem yang dimiliki saat ini masih perlu dioptimalkan baik sistem PDAM maupun dari sistem air curah, khususnya dari aspek kehandalan teknis," ungkapnya saat dihubungi, Selasa (9/8/2016).

Rusdy memaparkan, Cabang Tigaraksa memiliki tanggung jawab untuk berperan serta dalam memperluas cakupan pelayanan dengan skala yang lebih besar.

Untuk tujuan tersebut maka sistem eksisting harus segera ditingkatkan kapasitasnya. Tahapan awal adalah menambah kapasitas sistem dari saat ini 100 l/det menjadi 200 l/det.

"Studi terhadap program peningkatan ini sudah dilakukan dan akan dilanjutkan dengan melakukan survey potensi nyata untuk mempermudah arah pengembangan sistem tersebut. Diharapkan program peningkatan kapasitas ini akan dapat dimulai pada periode awal tahun 2016," pungkasnya.
0 Komentar