Sabtu, 06 Agustus 2016 00:53 WIB

Agenda Tak Berubah, 40 Kepala Negara Hadiri Pembukaan 0limpide 2016

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Panitia pelaksana Olimpiade 2016 memperkirakan acara pembukaan pesta olah raga dunia akan dihadiri oleh 40 kepala negara.

Mereka akan menjadi tamu VVIP dalam opening ceremony yang akan digelar di Stadion Maracana, Jumat (05/08/2016) malam waktu setempat. Namun, seperti dikutip Tass, panpel belum bisa memastikan dari negara mana saja kepala negara tersebut. "Kami berharap ada 40 kepala negara dan pemerintahan," ucap wakil panpel yang enggan disebutkan identitasnya.

Pihak Kementerian Luar Negeri Brasil juga belum memastikan siapa saja yang akan hadir. Akhir bulan lalu, Menteri Luar Negeri, Jose Serra kepada wartawan mengatakan setidaknya 45 kepala negara akan hadir. Mereka yang akan datang itu di antaranya, Presiden Perancis, Argentina dan Sekretaris Negara AS, John Kerry.

Serra menuturkan para tamu penting hadir di Brasil dalam rangkaian Olimpiade 2016. Mereka sama sekali tak terpengaruh dengan kondisi dalam negeri Brasil yang terpecah akibat dilengserkannya Dilma Rousseff.

"Belum ada sinyal siapa yang tidak datang atau mengubah agenda. Bahkan saya belum mendengar apa-apa komentar pada kepala negara luar negeri terkait dengan kondisi dalam negeri kami," ucap Serra.

Sebelumnya, media Brasil melaporkan jika kepala negara masih mempertimbangkan untuk hadir dalam acara pembukaan. Semua itu terjadi setelah adanya ketidakpastian politik. Tapi sosok Michel Temmer yang menggantikan Rousseff ternyata bisa diterima kalangan internasional.

Hadirnya kepala negara dalam pembukaan olimpiade memang menjadi sebuah tradisi. Pada Olimpiade 2012 di London, dihadiri 69 kepala negara. Ketika Olimpiade Musim Dingin di Sochi pada 2014 dihadiri 50 pemimpin dunia.(exe/ist)
0 Komentar