Senin, 25 Juli 2016 16:11 WIB

Petugas Gabungan Lakukan Simulasi Jelang Uji Coba Sistem Ganjil Genap

Editor : Rajaman
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta melaksanakan simulasi di Tugu Monas menjelang dua hari uji coba sistem ganjil genap.

Kabid Humas Polda Metro Jaya kombes Pol Awi Setiyono mengatakan pihaknya telah menerjunkan 200 personel untuk melakukan penjagaan di kawasan yang menjadi titik lokasi penerapan sistem tersebut.

"Tadi kita lakukan pactical wall game. Jadi di dinding itu dipasang map untuk mengetahui jalan mana nantinya yang akan dijaga. Pada intinya simulasi gitu. Jadi siapa dengan siapa bertugasnya besok pelaksanaannya sudah jelas," ujar Awi di Mapolda Mtero Jaya, Senin (25/7/2016)

Ditambahkan Awi, sebelumnya pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait diterapkannya sistem pengganti 3 in 1. Uji coba itu, kata dia, akan dilakukan mulai tanggal 27 Juli sampai 26 Agustus, sedangkan untuk penerapannya akan dimulai pada 30 Agustus 2016 mendatang.

"Kita sudah sejak lama sampaikan sosialisasi pada masyarakat. Dan kita juga imbau terkait dengan pengadaan plat nomor, dalam artian tidak membuat pemalsuan ganjil atau genap," tandas Awi.

Seperti diketahui, penerapan sistem ganjil-genap akan diterapkan di sembilan kawasan di DKI yakni di Simpang Patung Kuda, Simpang Kebon Sirih, Simpang Sarinah, Bunderan HI, Bunderan Senayan, CSW, Simpang Kuningan (kaki Gatot Subroto), Simpang Kuningan (Kaki Mampang), dan Simpang Hos Cokroaminoto.

Pada saat uji coba tersebut, teknis penegakan hukumnya hanya berupa blangko teguran tertulis. Namun, pada tanggal 30 Agustus nanti, petugas akan melakukan penilangan pelanggaran lalu lintas seperti yang berlaku.
0 Komentar