Sabtu, 23 Juli 2016 19:30 WIB

Jelang Idul Adha, Tingginya Kebutuhan Sapi dan Kambing Perlu Diantisipasi

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Anggota Komisi IV DPR Akmal Pasluddin mendesak pemerintah untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan sapi dan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha. Sebab, momen Idul Adha dapat menjadi pembuktian pemerintah kepada masyarakat untuk mendapatkan dua hewan ternak tersebut dengan harga terjangkau.

Kemudahan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sapi dan kambing untuk dijadikan qurban, diharapkan dapat sedikit memberi kepuasan kepada kinerja pemerintah.

“Saya sudah memperhatikan, truk-truk pengangkut sapi sudah bergerak dari daerah sentra sapi menuju kota-kota besar terutama Jakarta dan sekitarnya. Namun, untuk pengangkutan antar pulau melalui kapal laut kami belum sempat cek dan akan terus akan kami pantau sebagai pengawasan”, jelas Akmal, Sabtu (23/7/2016).

Diketahui, belum berhasilnya pemerintah dalam mengelola sebaran daging sapi sesuai kebutuhan pada tiap wilayah di Indonesia, memicu gejolak harga daging yang tinggi pada daerah-daerah tertentu terutama Jabotabek.

Akmal menjelaskan kekurangan stok pada daerah padat permintaan, membuat gejolak harga yang berpengaruh pada keresahan secara nasional. “Situasi buruknya manejemen logistik daging telah banyak dimanfaatkan beberapa importir untuk mengklaim bahwa kebutuhan daging dalam negeri kurang sehingga diperlukan impor daging sapi dari luar negeri” ujar Legislator PKS ini.

Terkait dengan kebutuhan akan daging kambing, Akmal sangat yakin bahwa pemenuhan kebutuhannya dapat dengan mudah dipenuhi. Namun, tegas Akmal, pemerintah masih harus tetap waspada terhadap segala kemungkinan terutama pada penyakit yang berbahaya yang dapat mengenai kambing-kambing hidup.

Keyakinan Akmal pada pemenuhan kebutuhan kambing sangat berdasar, karena sentra kambing banyak terdapat di Jawa Barat yang mampu memenuhi kebutuhan di tiga provinsi sekaligus yakni Jawa Barat, Banten dan Jakarta.
Karena dari jumlah populasi kambing atau domba di Jawa Barat, sebesar 10,6 juta ekor di Jawa Barat, hanya terserap 600 ribu hingga 1 juta ekor saja per tahun. Sedangkan untuk sapi hidup, Akmal memperkirakan, kebutuhan sapi lokal hidup pada saat Iedul Adha dapat mencapai 200 ribu ekor hanya untuk kebutuhan Jabotabek.

“Saya berharap, pemerintah menyediakan kebutuhan sapi dan kambing hidup untuk kebutuhan qurban Idul Adha berasal dari peternak lokal. Tinggal masalah memperbaiki manajemen stok dengan distribusi yang baik didukung semua elemen pemerintah dan aparat. Dengan terserapnya sapi lokal untuk qurban, mudah-mudahan para peternak dapat menerima hasil yang layak atas kerja mereka memelihara sapi dan kambing”, pungkas Akmal.
0 Komentar