Rabu, 20 Juli 2016 15:46 WIB

Pasca Lebaran, Diperkirakan 5 Ribu Pendatang Baru Serbu Tangsel

Editor : Hermawan
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGSEL, Tigapilarnews.com – Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) memperkirakan terjadi lonjakan penduduk di Tangsel dari pendatang baru pasca Lebaran.

Untuk membuktikan hal itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkot Tangsel melakukan operasi pendataan penduduk nonpermanen dan bina kependudukan 2016 di RT 01 dan RT 02  di RW 03 Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, Tangsel.

Operasi kependudukan ini dipimpin Wakil Walikota Tangsel Banyamin Davnie bersama Kepala Disdukcapil Tangsel Toto Sudarto, Camat Serpong Mursinah, anggota Satpol PP Kelurahan Buaran untuk menyasar pendatang baru di tempat-tempat nonpermanen.

Benyamin mengatakan razia kependudukan ini merupakan bentuk upaya Tangsel mendeteksi lonjakan penduduk pasca Lebaran, dan sekaligus menyisir wilayah Alang-alang Serpong.

"Pada rakor kemarin diprediksi sebanyak 5 ribu pendatang baru di Tangsel. Makanya, kami melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah pastinya, berapa banyak pendatang yang datang ke Tangsel, pendataan ini dilakukan di rumah kos-kosan dan kontrakan," ujar Benyamin, Rabu (20/7/2016) siang.

Sementara, Kepala Disdukcapil Tangsel, Toto Sudarto menjelaskan bagi warga yang ingin tinggal di Tangsel untuk segera mengurus surat-surat atau data kependudukan.

Dari hasil operasi ini terdapat 287 pendatang baru yang bermukim di RT 01 dan RW 02 di RW 03 Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong. Mereka terdata tidak memiliki kartu identitas kependudukan kota Tangsel.

"Ya, memang mereka datang untuk keperluan bekerja di sini. Ada yang berasal dari Bogor, Depok, Pandeglang, dan kota lainnya," jelas Toto.

Toto mengharapkan melalui operasi bina penduduk ini para pendatang baru itu tertib administrasi kependudukan.

"Kalau memang ingin tinggal dan menetap di Tangsel, diurus surat pindahnya, kalau hanya bersifat sementara ya lapor kepada RT/RW setempat sebagai tamu, sehingga identitas dan jati diri mereka diketahui lingkungan setempat," tandas Toto.

 
0 Komentar