Minggu, 10 Juli 2016 13:31 WIB

Padatnya TMR, 61 Anak Tersesat

Editor : Rajaman
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Padatnya pengunjung yang berekreasi ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR) ternyata membuat petugas harus fokus dalam penjagaan.

Pasalnya, selama libur lebaran, pihak pengelola TMR telah mencatat sebanyak 61 anak hilang dari pengawasan orang tua atau tersesat dikeramaian para pengunjung.

"Pada lebaran hari pertama Rabu (6/7/2016) ada 4 anak. Kemudian lebaran kedua Kamis (7/7/2016) ada 22 anak. Pada Jumat (8/7/2016) ada 12 anak, Sabtu (9/7/2016) ada 23 anak dan hari ini belum ada," ujar Kepala Humas TMR, Wahyudi Bambang saat dihubungi, Minggu (10/7/2016)

Anak-anak yang tersesat tersebut, kata Bambang, berkisaran usia 4 sampai 12 tahun. Bahkan, ada balita berusia sekitar 1 tahun yang ditemukan tersesat oleh petugas. Untungnya, anak-anak tersebut langsung bertemu dengan orang tuanya saat itu juga.

"Sekitar 70 persen anak yang lepas ditemukan petugas, kemudian dibawa petugas ke pusat informasi. Sisanya, orang tua sendiri yang datang ke pusat informasi. Anak-anak di atas 5 tahun biasanya nangis, kalo balita hanya diam aja karena nggak tahu apa-apa," tambah Bambang.

Melihat hal tersebut, Bambang menghimbau kepada seluruh orang tua yang membawa anaknya pergi ke tempat-tempat wisata harus mengawasi anak-anaknya. Apalagi tempat wisata tersebut sedang ramai dikunjungi pengunjung. Jangan sibuk dengan aktifitas sendiri sehingga membuat anak-anak tersebut menjadi tersesat.

"Anaknya harus benar-benar diawasi, jangan terpisah di kondisi keramaian. Karena padatanya pengunjung, lima detik anak bisa hilang. Menurut pengakuan orang tua, mereka tidak menyadari anaknya lepas dari penjagaan karena sibuk dengan aktifitas lain," imbuh Bambang.
0 Komentar