Rabu, 29 Juni 2016 16:25 WIB

Harga Tiket Melonjak, Pemudik Menjerit

Editor : Danang Fajar
Laporan : Yanti Marbun

JAKARTA, Tigapilarnews.com -- Tingginya harga tiket bus kelas AC dan Eksekutif saat arus mudik tahun ini dikeluhkan oleh beberapa pemudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Pasalnya, kenaikan harga mencapai 100% dari hari biasa.

Supardi (30) Salah satu pemudik yang akan pulang ke kampung halamanya di Palembang, Sumatera Selatan menuturkan dirinya yang hanya bisa pasrah membayar tiket dengan harga tinggi untuk menuju Menurutnya, kenaikan tersebut cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya sekitar 80% saja.

"Mau bagaimana lagi, harga semua PO bus tidak jauh berbeda. Paling hanya beda 5 ribu saja," tutur Ahmad, Rabu (29/6/2016).

Sementara itu, seorang penjaga loket PO Bus LORENA Muksin (27) menjelaskan, harga tiket bus AC tujuan Lampung naik 100%.

"Harga normal 160 ribu dan saat arus mudik mencapai 320 ribu. Kenaikan disebabkan karena bus dari Lampung kosong penumpangnya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres Revi Zulkarnain menjelaskan, Kementrian perhubungan hanya mengatur harga tiket bus kelas Ekonomi saja

"Sistemnya diatur menggunakan tarif atas dan bawah. Mereka bebas menentukan harga, asalkan dalam range harga tarif atas dan bawah," jelasnya.

Lebih lanjut Revi menjelaskan untuk tarif AC dan Eksekutif, pemerintah mengatur dengan sistem per kilometer. Perkilometer dihargai dengan 155rupiah dikalikan jarak

"Jadi akan ada persaingan harga yang sehat. Penumpang bisa menentukan sendiri, bus apa yang akan mereka gunakan. Jika fasilitasnya sesuai maka untuk tarif penumpang juga tidak akan masalah dan akan mereka pilih," tutupnya.
0 Komentar