Rabu, 29 Juni 2016 12:57 WIB

Arogansi Oknum Petugas Bandara Disorot DPR

Editor : RB Siregar
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Tindakan arogansi oknum petugas Bandara Soekarno-Hatta yang mendapat komplain dari masyarakat menjadi perhatian DPR-RI. Pengelola bandara diminta segera membenahi mental petugas seperti itu agar lebih persuasif dan prosedural.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi V DPR, Sukur Nababan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (29/6/2016) siang. "Komplain arogansi petugas bandara seperti itu sudah sering dikeluhkan masyarakat. Mental petugas seperti itu harus dibenahi," kata dia.

Pernyataan itu dilontarkan Sukur Nababan menyusul keluhan dari seorang penumpang, Samuel, yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan saat bersama keluarga bertolak ke Bali melalui Terminal 2F, Sabtu (25/6) lalu.

Saat itu, Samuel dan keluarganya melewati X-ray, petugas keamanan melihat benda mencurigakan dalam koper istrinya dan meminta membuka koper tersebut yang hanyalah susu anaknya. Saat pemeriksaan barang, Samuel dikagetkan sikap seorang petugas, Budi Hadianto yang membentak dirinya.

Budi Hadianto yang diketahui sebagai Supervisor di Bandara itu, membentak Samuel dengan ucapan, "Kalau Anda keberatan kami periksa, seluruh barang bawaan kalian akan saya keluarkan dari area bandara."

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, pernyataan tersebut sungguh hal yang tak pantas diucapkan oleh petugas bandara. Apalagi bandara merupakan gerbang internasional untuk masuk dan keluar dari Indonesia.

Sukur juga memperkirakan, keluhan arogansi petugas bandara tak hanya terjadi di Bandara Soetta saja. "Ini harus dibenahi. Arogansi petugas harus diubah menjadi lebih persuasif, prosedural dan santun kepada calon penumpang," kata dia.

Kecaman serupa juga telah diungkapkan relawan Arus Bawah Presiden Jokowi melalui Sekjennya, Ronny Talapessy. Tindak arogan sangat tidak dibenarkan dilakukan oleh siapapun, terlebih oleh petugas keamanan yang notabene harus memberikan kenyamanan warga.

Petugas keamanan di lokasi pelayanan jasa seperti bandara yang merupakan pintu keluar masuk tamu dan warga bangsa ini. "Arogansi oleh petugas bandara bisa mencoreng citra keramahan bangsa ini," ujar Ronny kepada wartawan.(i)
0 Komentar