Jumat, 24 Juni 2016 16:20 WIB

Tekan Lonjakan Harga Jelang Lebaran, Pemkot Tangsel Gelar Bazaar Murah

Editor : RB Siregar
Laporan : Hendrik Simorangkir

TANGSEL, Tigapilarnews.com - Pemerintah Kota Tangerang Selatan gelar Bazaar Ramadhan serentak di tujuh kecamatan. Sedikitnya, 9.000 paket sembako murah tersaji guna menekan harga sembako serta mambantu masyarakat ekonomi lemah.

Kegiatan Bazar Ramadhan ini dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tangsel bekerjasama dengan SKPD lainnya, dunia usaha serta masyarakat di Tangsel (Tangerang Selatan).

Sekretaris Disperindag Tangsel, Malikuswari menjelaskan, 9.000 paket sembako murah yang disebar di tujuh kecamatan itu, dijual di stand minyak goreng, stand daging murah, beras, stand paket sembako lengkap maupun stand lainnya.

"Hari ini Bazar Ramadhan dilaksanakan serentak di tujuh kecamatan. Bazar Ramadhan ini dilaksanakan untuk menekan kenaikan harga dan ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah," kata Malikuswari (24/6/2016).

Setiap satu paket sembako dibanderol Rp50 ribu, berisi beragam bahan pangan yakni beras 4,5 Kilogram (Kg), terigu 1 Kg, minyak sayur 1,5 Kg, gula 1kg dan lainnya.

"Biasanya, paket seperti yang dijual di Bazar Ramadhan itu, bisa mencapai Rp90 ribu. Tapi di sini dijual Rp50 ribu setiap paket," kata Malikuswari.

Selain paket sembako, tambah Malikuswari, ada juga bahan pangan yang dijual murah per satuan. Antara lain minyak goreng yang harga jual di pasaran Rp13 ribu per Kg, di Bazar Ramadhan dijual Rp9.000 per Kg. Ada pula daging murah yang dilempar ke pasaran Rp85 ribu per Kg.

"Untuk minyak goreng disediakan PT Indah Kiat (Indah Kiat Pulp and Paper), ada 13 ribu liter. Sedangkan daging murah dari tim TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) sebanyak 500 Kilogram di Pamulang, untuk tujuh kecamatan ada 3,5 ton," jelas Malikuswari.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie menuturkan, kegiatan ini merupakan jawaban dari tuntutan masyarakat, kepedulian serta perhatian Pemkot Tangsel dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

"Yakni dengan menyediakan Sembilan kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau oleh masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan satu langkah positif yang perlu ditingkatkan dan dilanjutkan ke masa yang datang," tutur Benyamin yang akrab disapa Bang Ben itu.

Tingkat konsumsi masyarakat selama bulan suci Ramadhan meningkat. Ia berharap warga Tangsel menjadi konsumen yang cerdas dan cermat.

"Jangan belanja berlebihan dan konsumsi berlebihan. Tingkat konsumsi berlebihan ini akan mempengaruhi perekonomian, masyarakat harus berhemat," tandasnya.(i)
0 Komentar