Kamis, 02 Juni 2016 18:52 WIB

Belasan Warga jadi Korban Gempa Sumbar

Editor : Hendrik Simorangkir
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pascagempa berkekuatan 6,5 SR di pesisir selatan Sumatera Barat. Tercatat, lebih dari 50 rumah rusak dan puluhan orang menderita luka-luka.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, hingga kini pihaknya masih melakukan pendataan dampak gempa 6,5 SR yang terjadi, pada Kamis (2/6) pagi.

Kerusakan paling terasa di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dan Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.
"Sebanyak 3 orang luka berat, 13 orang luka ringan dan 56 rumah rusak," kata Sutopo dalam keterangannya, Selasa (2/6/2016).

Dijelaskan Sutopo, di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat 14 korban luka dan 11 rumah rusak di Kecamatan Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Air Haji Tengah.

Di Kota Padang terdapat 2 orang luka berat akibat tertimpa bangunan. Korban luka berat dirawat di RSUD Painan sedangkan korban luka ringan dirawat di puskesmas. Di Kabupaten Mukomuko, lanjut Sutopo, pendataan baru dapat dilakukan di 2 desa.

Di Desa Lubuk Pinang dan Desa Pasar Panjang Kecamatan Lubuk Pinang terdapat 3 rumah roboh atau rusak berat, 3 rumah rusak sedang dan 9 rumah rusak ringan.

Sedangkan di Desa Talang Sakti Kecamatan V Koto terdapat 10 rumah rusak berat, 7 rumah rusak ringan dan 13 rumah rusak ringan.
Di Desa Kota Praja Kecamatan Manjunto terdapat satu unit RSUD rusak sedang.

"Pendataan masih dilakukan. Luasnya wilayah dan kondisi hujan deras menyebabkan pendataan belum dapat dilakukan dengan cepat. Kondis listrik mati juga menimbulkan masalah dalam pelaporan dampak gempa di Mukomuko," pungkasnya Sutopo.
0 Komentar