Selasa, 31 Mei 2016 12:52 WIB

Prajurit TNI Disegani Pasukan PBB

Editor : Hendrik Simorangkir
JAKARTA, Tigapilarnews.com -Indonesia merupakan negara penyumpang pasukan perdamaian terbanyak di Unifil. Prestasi dan dedikasi TNI pun diakui banyak negara.

Saat ini, ada sebanyak 1.296 personel TNI yang menjadi peacekeepersdi Unifil. Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda Unifil , mengikuti upacara International Day of UN Peacekeepers.

Upacara itu yang dipimpin Force Commander Unifil Mayjend Luciano Portolano, dengan tema "Honouring Our Heroes" itu dilaksanakan di Venue Chenotype, Unifil (Nations Interim Force in Lebanon) HQ (Headquarter), Naqoura, Lebanon Selatan, Senin  (30/5/2016).

International Day of UN Peacekeepers yang jatuh pada 29 Mei adalah hari yang sangat bersejarah bagi pasukan perdamaian di bawah naungan bendera Perdamaian Bansga-Bangsa (PBB).

Pada tanggal itu seluruh UN Peacekeepers yang menjalankan misi perdamaian dunia yang tersebar dalam empat benua memperingatinya. .

Selain itu, peringatan teraebut juga  untuk menghormati lebih dari 3.400 pasukan penjaga perdamaian yang gugur  dalam menjalani misi perdamaian, sejak UN Mission dibuka pada 1948.

Dalam sambutannya, Mayjend Luciano Portolano mengatakan, dirinya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh kontingen dari berbagai negara.

“ Mereka memberi kontribusi, baik fisik maupun non fisik, dalam usaha menjaga perdamaian khususnya di wilayah Lebanon Selatan. Termasuk Kontingen Garuda 2016," katanya.

Indonesia merupakan salah satu penyumbang "peacekeepers" terbanyak di Unifil, yaitu 1.296 personel. Itu menunjukkan konstribusi dan kiprah yang positif demi terjaganya perdamaian di  Lebanon Selatan.
0 Komentar