Kamis, 26 Mei 2016 22:49 WIB

Bakamla Gelar Fokor Tanggulangi Ancaman di Laut

Editor : RB Siregar
Laporan: Riyan Muhammad Arif

SURABAYA, Tigapilarnews.com - Sebagai respon maraknya tindak pelanggaran hukum di laut, Bakamla menggelar Forum Koordinasi Keamanan Laut bertema "Peran Bakamla dalam Pegelolaan Keamanan dan Keselamatan Maritim Secara Terintegras dengan Mengedepankan Doktrin Law Enforcement".

Forum Koordinasi  (Fokor) Keamanan Laut digelar di Hotel Swiss Bell In Surabaya, Kamis (26/5/2016). Kegiatan ini dibuka Deputi Kebijakan dan Strategi Irjen Satria F. Maseo, S.E., M.M dan dihadiri Eko Susilo Hadi, S.H., M.H., Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama dan juga selaku Plt. Sestama Bakamla.

Selain itu, turut hadir Direktur Penelitian dan Pengembangan Bakamla Brigjen Pol. Dr. Drs. Abdul Gofur, M.H. dan Kadiskum Armatim Kolonel (KH) Izmu Edy, S.H., M.H. sebagai pemakalah.

Dalam sambutannya, Deputi Jakstra menyampaikan bahwa dalam Forkor yang pertama di tahun 2016, Bakamla berusaha memfasilitasi pertemuan antar-instansi dan pihak-pihak terkait untuk membahas permasalahan isu keamanan laut yang menjadi fokus saat ini.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wadah sosialisasi peraturan pemerintah serta Undang-undang yang terkait keamanan dan keselamatan maritim, yang sudah seharusnya diketahui bersama agar dapat diimplementasikan di lapangan.

Forum ini hendaknya dapat memupuk serta jalinan komunikasi yang efektif dan efisien antara Bakamla dengan instansi di daerah dalam rangka merumuskan strategi dan mekanisme pengamanan laut yang tepat, efektif dan efisien serta dapat tercipta kebulatan sinergitas yang baik dalam pelaksanaan tugas-tugas di lapangan.

Melalui forum ini diharapkan terbangunnya kesamaan persepsi dan tindakan dalam rangka melaksanakan pemerintahan yang baik di laut, khususnya aspek penindakan hukum yang efektif dan efisien.(i)
0 Komentar