Rabu, 11 Mei 2016 11:59 WIB

Tenda-Tenda di Pasar Ikan Sumbangan dari Prabowo

Editor : Hendrik Simorangkir
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Alih-alih menghuni rusun Rawa Bebek, warga Pasar Ikan malah menghuni kembali tenda-tenda di Pasar Ikan. Dikabarkan, tenda-tenda itu disumbang langsung oleh Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.

"Itu dari beliau (Prabowo) langsung. Beliau sumbang secara pribadi, kadang tidak bilang ke Gerindra," kata anggota F-Gerindra DPR, Aryo Djojohadikusumo saat dihubungi, Rabu (11/5/2016).

Aryo kurang tahu pasti jumlah tenda yang disumbangkan Prabowo. Hanya saja, menurut dia, tenda itu menjadi solusi sementara bagi warga yang butuh tempat istirahat.

"Setelah lokasi digusur, mereka tidak ada tempat untuk istirahat, tidak ada tempat berteduh. Ini tidak politis, memang mau membantu," tambah Aryo.

Menghadapi fenomena kepulangan warga Pasar Ikan, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengaku sempat berang.  Bahkan, Ahok dikabarkan berencana mencabut hak tinggal di rusun bagi warga yang memilih tinggal di bawah tenda-tenda itu.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana mencabut hak tinggal di rusun bagi warga yang malah tinggal di bawah tenda-tenda itu. Hal ini dikritik oleh Aryo.

"Beliau selalu bilang 'cabut, cabut'. Apa mau cabut juga izin pengembang reklamasi? Ada bagunan-bangunan yang tidak ada IMB yang tidak berani dirobohkan karena punya orang kaya," ujarnya.

Sebelumnya juga diberitakan, warga dari kawasan penertiban Kampung Akuarium-Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara menempati tenda darurat di atas puing kampung. Dari pantauan di lokasi pada 9 Mei 2016 lalu, ada sekitar 6 tenda yang didirikan untuk menampung warga yang setelah penggusuran tinggal di aula mesjid Luar Batang dan di perahu. Ada 2 toilet darurat yang dibangun secara mandiri oleh warga, tidak jauh dari lokasi tenda.
0 Komentar