Senin, 09 Mei 2016 13:01 WIB

UNBK di SMPN 49 Gunakan Laptop Pribadi

Editor : RB Siregar
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Metode pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP yang dimulai Senin (9/5/2016) pagi, dilakukan secara manual maupun berbasis komputer. Lantas bagaimana persiapan sekolah-sekolah yang menggelar ujian bebasis komputer?

Tigapilarnews.com menyambangi SMPN 49 Jakarta Timur di Jalan Raya Bogor Km. 20, Kramatjati, Jakarta Timur, Senin (9/5/2016). Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah itu memakai lima ruang kelas yang dibagi menjadi dua sesi pelaksanaan.

Sesi pertama UN digelar pukul 07.30-09.30 WIB dan pukul 10.30-12.30 WIB. Setiap lembar soal yang diterima siswa, berbeda. Sehingga, antara satu siswa dengan lainnya, tak bisa saling contek.

Kepala Sekolah SMPN 49, Sri Sulastri menjelaskan, sebannyak 347 siswa mengikuti ujian, kebanyakan dari mereka memakai laptop pribadi.

"Siswa yang menggunakan laptop pribadi ada 250 orang setelah dilakukan penyaringan spesifikasi. Mereka juga merasa lebih nyaman mengerjakan soal ujian jika memakai laptop pribadi," kata Sri Sulastri.

Pihak SMPN 49 juga menyediakan komputer sebanyak 40 unit untuk menunjang pelaksanaan UNBK. Selain itu, juga disediakan laptop pribadi milik guru sekolah. "Laptop pribadi yang digunakan untuk mengikuti ujian, diamankan di sekolah selama dua minggu sebelum pelaksanaan UN," kata Sri Sulastri.

Jadi, lanjut Sri Sulastri, siswa enggak bisa berbuat macam-macam. "Lagipula laptop tidak bisa dibuka tanpa menggunakan token yang diberikan pada saat ujian," tambah Kepala Sekolah.(i)
0 Komentar