Jumat, 06 Mei 2016 16:46 WIB

Kapal Kayu Tenggelam di Paser, 4 Tewas dan 4 Hilang

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sebuah kapal kayu KM Vega yang mengangkut puluhan penumpang tenggelam di perairan Muara Selangot, Simpangan Simpananjuk Labuangkalo, Desa Tanjung Aru, Kecamatan Tanjung Aru, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (5/5/2016) pukul 15.00 Wita.

Hingga saat ini berdasarkan laporan Pusdalops BPBD Kalimantan Timur terdapat 4 orang meninggal dunia, 4 orang hilang dan 40 orang selamat.

"Diperkirakan kapal kayu berkapasitas lima ton tersebut kelebihan muatan sehingga tenggelam. Selain itu juga karena perairan dangkal," kata Humas BNPB Sutopo dalam keterangan pers, Jumat (6/5/2016).

Sutopo menuturkan, kapal kayu dengan kapasitas tersebut umumnya hanya bermuatan 20 orang, namun dinaiki 48 orang termasuk anak-anak. Di tengah perjalanan yaitu 12,5 km dari pantai di perairan Selangot kapal kandas dan tenggelam.

"Penumpang segera menyelamatkan diri dengan alat apa adanya. Tidak adamya manifes menyebabkan jumlah penumpang secara pasti masih berbeda-beda. Pendataan masih dilakukan oleh aparat," ujar Sutopo.

Sekedar informasi, penumpang adalah rombongan warga yang akan menghadiri pernikahan berangkat dari Desa Lori di Paser menuju Tanjung Harapan. Mereka menyewa KM Vega, kapal kayu yang sehari-hari digunakan untuk mencari ikan.
0 Komentar