Selasa, 03 Mei 2016 14:40 WIB

Jelang Long Weekend 5-8 Mei, Ditlantas Polda Metro Rekayasa Lalu Lintas

Editor : Hermawan
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Jelang libur panjang (long weekend) pada tanggal 5-8 Mei 2016, diperkirakan seratusan ribu kendaraan dari Jakarta akan keluar kota. Untuk itu, Ditalantas Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Kasubdit Bid Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto memprediksi kepadatan arus lalu lintas akan terjadi di tol dalam kota yang mengarah ke luar kota.

Selain itu, diperkirakan kepadatan arus lalu lintas juga terjadi tempat-tempat ibadah, rekreasi dan pusat perbelanjaan. Atas dasar itu, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas sesuai dengan situasi yang terjadi nanti.

"Pengaturan lalu lintas dan angkutan jalan pada tempat rekreasi dan peribadatan akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi lapangan atau bersifat situasional," ujar AKBP Budiyanto saat dihubungi wartawan, Selasa (3/5/2016) siang.

AKBP Budiyanto menjelaskan untuk mengatur arus lalu lintas di dalam tol, pihaknya akan menyiagakan rencana beberapa tahap.

Tahap pertama yang dilakukan apabila terjadi antrean pada gerbang tol sepanjang 5 kilometer, pihaknya akan menerjunkan petugas pembantu untuk membagikan tiket tol dengan sistem jemput bola.

Tahap kedua, apabila masih tetap terjadi kepadatan arus lalu lintas dan terjadinya antrean kendaraan sepanjang 5 kilometer jelang rest area, sehingga kendaraan hanya bisa melaju dengan kecepatan maksimal 5 kilometer per jam, pihaknya akan memberlakukan contra flow dan buka tutup pinta keluar tol.

Tahapan ketiga, apabila dengan dua cara tadi masih terjadi kemacetan, pihaknya akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas dari dalam tol akan diarahkan menuju jalan arteri.

"Kontijensi tahap 3 akan dilakukan jika kepadatan dalam tol luar biasa atau ruang lalu lintas mengalami over kapasitas yang menyebabkan arus lalu lintas sampai stuck," pungkas Budiyanto

Para personel akan diterjunkan pada Rabu (4/5/2016) siang. Hal ini dilakukan guna memantau, melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas.
0 Komentar