Selasa, 05 April 2016 13:19 WIB

Format Kualifikasi F1 Dirubah, Tim-Tim F1 Tidak setuju

Editor : A. Amir
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pembahasan untuk merubah format kualifikasi F1 masih jalan di tempat. Pasalnya keinginan tim-tim balik ke format musim lalu belum terpenuhi dan mereka justru disodori proposal format dengan sistem baru lagi.

Sejak mulai digunakan di GP Australia, format kualifikasi dengan sistem eliminasi pada musim ini sudah menuai kritikan. Tim-tim dan para pebalap pun sudah menyatakan lebih senang jika bisa kembali menggunakan kualifikasi dengan format musim 2015 lalu.

Pembahasan pun kemudian sudah dilakukan, dengan yang teranyar dilakukan pada GP Bahrain lalu. Tetapi keinginan tim dan pebalap untuk mengubah format kualifikasi masih mentok.

Dalam pertemuan tersebut, bos F1 Bernie Ecclestone dan Presiden FIA Jean Todt justru menyodorkan format kualifikasi baru dengan sistem waktu agregat.

Dalam sistem ini, posisi start pebalap akan didasarkan pada catatan waktu terbaik di tiap sesi kualifikasi.

Sebelumnya, pada penerapan pertamanya di GP Australia lalu, format tersebut banyak menuai kritikan. Pembahasan lebih lanjut direncanakan terjadi pada saat GP Bahrain setelah format itu digunakan lagi usai kualifikasi.
0 Komentar