Sabtu, 26 Maret 2016 17:42 WIB

Ajarkan Anak Pola Hidup Bersih dan Sehat

Editor : Danang Fajar
Laporan : Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com -- Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang selalu bersih dan sehat. Dengan memiliki tubuh yang bersih dan sehat, setiap kegiatan dan aktivitas yang dilakukan akan berjalan dengan optimal dan sesuai dengan yang diharpakan.

Sadar atau tidak, kesehatan merupakan salah satu aspek yang langsung berhubungan dengan kehidupan manusia. Kita bisa menikmati hidup dengang nyaman, jika memiliki badan yang sehat.

Ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tangerang, Aini Suci ARW menyatakan, sesibuk-sibuknya seorang ibu dalam berbagai aktivitasnya, sebaiknya juga tetap mengajari anak-anaknya dirumah untuk membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"PHBS penting untuk menciptakan kehidupan keluarga yang sehat, yang juga bisa menularkan kebiasaan baik itu kepada lingkungan. Pola hidup bersih dan sehat ini pun saya terapkan di keluarga saya, di tengah–tengah kesibukannya mendampingi tugas suami. Saya membiasakan PHBS kepada anak-anak di rumah," ujar istri Walikota Tangerang itu kepada Tigapilarnews.com (26/3/2016).

Lanjutnya, salah-satu pola hidup bersih yang dibiasakan pada anak-anaknya, di antaranya membiasakan anak-anak mencuci tangan yang benar dan sehat khususnya setelah selesai beraktivitas dan saat akan makan.

"Sebab salah-satu masuknya bakteri ke tubuh yang menyebabkan sakit adalah melalui makanan dan sentuhan terhadap makanan," katanya.

Aini menambahkan, diingatkan para ibu, khususnya yang masih memiliki anak usia balita, untuk mengajarkan cara mencuci-tangan yang benar. Para kader posyandu yang juga sudah mengetahui PHBS agar mengingatkan para ibu di lingkungannya untuk membiasakan anak-anaknya mencuci tangan.

"Kalau bisa sabunnya pakai sabun cair atau pakai pembersih tangan khusus. Sebab penggunaan sabun batangan yang bisa digunakan secara bersama-sama kurang efektif menjaga kebersihan," pungkasnya.
0 Komentar