Jumat, 19 Februari 2016 19:26 WIB

265 Unit Rusunawa Untuk Warga Kalijodo

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Untuk warga di kawasan Kalijodo yang akan direlokasi, telah tersedia kurang lebih 265 unit hunian rumah susun (rusun). Hunian terdiri atas dua kamar tidur, satu kamar mandi, tempat menjemur pakaian, dapur, dan ruang tamu.

“Ada sekitar 265 unit yang terbagi dalam tiga kluster, A, B, dan C,” ujar Kepala Unit Pengelola Rumah Susun Marunda, Suharyanti, Jumat (19/2).

Suharyanti mengatakan, saat ini pihaknya tengah membersihkan unit hunian agar bisa segera ditempati. Meskipun begitu, ia mengaku belum mengetahui pasti jumlah warga Kalijodo yang akan menempati Rusun Marunda. Kantor Wali Kota Jakarta Utara hingga kini masih melakukan pendataan.

Sebelumnya, Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan DKI Jakarta menyiapkan sejumlah rumah susun sederhana sewa (rusunawa) sebagai tujuan relokasi warga Kalijodo. Dua rusunawa di antaranya adalah Rusunawa Marunda, Jakarta Utara, dan Rusunawa Pulogebang, Jakarta Timur.

Kepindahan warga Kalijodo ke rusunawa akan dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI. Kepala Satpol PP DKI, Kukuh Hadi Santoso, mengatakan bahwa ada sekitar 50 Satpol PP yang ditugaskan membantu warga untuk pindah. Mereka bertugas sejak mulai dari Surat Peringatan Pertama (SP1) dilayangkan Kamis (18/2), hingga satu hari setelah SP3 dilayangkan awal Maret mendatang.

“Kami bekerja sesuai protap (prosedur tetap). Setelah SP3 keluar, dilanjutkan SPB (surat perintah bongkar-Red) warga belum membongkar huniannya, berarti kami yang membongkar,” ujar Kukuh, Jumat (19/02).

Jumlah aparat Satpol PP yang disiagakan akan terus ditambah menjelang dikeluarkannya SPB. Kebijakan itu untuk mengantisipasi warga yang baru memutuskan pindah sebelum pembongkaran dilakukan pemerintah.(exe/ist)
0 Komentar