Senin, 15 Februari 2016 20:25 WIB

Bhayangkara Cup Berhadiah Total Rp20 Miliar

Editor : Yusuf Ibrahim

Laporan Jesse Halim Adam


JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kepolisian Republik Indonesia akan menyelenggarakan kejuaraan sepak bola bertajuk Bhayangkara Cup 2016, pada pertengahan Maret.


Acara ini diselenggarakan dalam rangka merayakan HUT Bhayangkara ke-70, sekaligus juga menyambut bergulirnya kompetisi ISL.


Nantinya, upacara pembukaan akan diadakan pada 17 Maret 2016 di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Kemudian, bakal diikuti sebanyak 10 tim.


"Yang akan ikut bertanding ada 10 tim, semuanya tim juara, kecuali PS TNI dan PS Polri," ujar Kapolri Badrodin Haiti di Mabes Polri, Senin (15/2) malam. "Boleh dong tuan rumah ikutan," katanya lagi disambut gelak tawa hadirin.


Kesepuluh tim yang dimaksud adalah Sriwjaya FC, Arema Indonesia, Persipura, Persib Bandung, Mitra Kukar, Bali United, Persija, PS TNI dan PS Polri. Sementara satu tim lain, adalah tim yang akan memenangkan Piala Gubernur Kaltim yang saat ini masih bergulir.


Format pertandingan yang akan diterapkan adalah format setengah kompetisi. Selanjutnya, 10 tim tersebut akan dibagi menjadi dua grup, yakni grup A dan grup B.


Dalam semifinal, Juara Grup A akan kemudian diadu dengan Runner up Grup B, dan juara Grup B akan diadu dengan runner up Grup A.


Pertandingan Grup dan Semifinal Bhayangkara Cup ini sendiri akan diselenggarakan di Bandung dan Bali.


Sementara itu, Final akan diadakan pada 3 Maret 2016 di Stadion GBK, yang akan dibarengi dengan upacara penutupan. "Insya Allah dihadiri Presiden," katanya lagi.


Tim yang memenangkan kejuaraan ini akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp2,5 miliar beserta piala dan medali. Posisi kedua akan mendapatkan uang Rp1,5 milyar dan medali.


Selain dua juara, kejuaraan ini juga menyediakan hadiah bagi dua tim Runner Up, yakni Runner Up 1 dan Runner Up 2 yang masing-masing akan dihadiahi uang tunai Rp750 juta dan Rp500 juta rupiah.


Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp20 miliar. Dengan adanya Bhayangkara Cup ini, Badrodin Haiti berharap dapat memberikan hiburan bagi masyarakat, dan kemajuan bagi persepakbolaan Indonesia.


"Menghasilkan bibit atlet di persepakbolaan," tutupnya.(exe)


0 Komentar