12 jam yang lalu

PSSI Pastikan Sumpah WNI untuk Mees Hilgers dan Eliano di Belanda Tak Langgar Aturan

Editor : Yusuf Ibrahim
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. (foto istimewa)

Jakarta, Tigapilarnews.com- Erick Thohir angkat bicara soal Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang ambil sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) di Belanda. Ketua Umum (Ketum) PSSI menyampaikan bahwa hal itu dilakukan sesuai dengan aturan, tanpa adanya perlakuan yang spesial.

PSSI sedang mempercepat proses naturalisasi Hilgers dan Eliano untuk bisa membela Timnas Indonesia. Dokumen kedua pemain itu sudah disetujui oleh Komisi III dan X DPR RI, Selasa (17/9/2024). Sekarang, Hilgers dan Eliano tinggal menunggu pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Beda dari pemain keturunan lainnya, mereka akan mengambil sumpah WNI di Kedutaan Besar Indonesia di Belanda dalam waktu dekat.

Terkait hal itu, Erick mengungkapkan kalau pengambilan sumpah WNI di Belanda tidak melanggar aturan yang berlaku. Kemudian, PSSI tidak ingin mengusik klub Hilgers dan Eliano karena saat ini sedang tidak ada agenda FIFA Matchday.

"Saya rasa apa yang kita sedang lakukan untuk semua pemain kita tidak ada prejudice karena sesuai dengan aturan dari pemerintah harus diangkat sumpah dan itu ada. Jadi fleksibilitas baik di sini atau di luar negeri itu biasa angkat sumpah di luar negeri juga ada," kata Erick disela pertemuan dengan Menkumham, Kamis (19/9/2024).

"Nah kebetulan memang sekarang FIFA matchdaynya sudah tidak ada. Artinya kita harus respect kepada klub yang tentu mereka bermain. Disitulah kita mencari cara yang sesuai dengan aturan, jadi bukan di luar aturan," sambungnya.

Erick juga mengatakan hal seperti itu bukanlah sesuatu yang spesial. Pasalnya, pengambilan sumpah WNI di negara lain juga dilakukan oleh orang-orang yang lain. Sekali lagi, dirinya menegaskan, PSSI melakukan proses seperti itu sesuai dengan aturan yang ada.

"Kita coba mengangkat sumpah di negara lain seperti juga beberapa orang Indonesia yang akan sumpah di negara lain juga. Jadi bukan sesuatu yang spesial. Kita tidak ada yang spesial, semua kita hormati secara hukum. Baik hukum yang ada di Indonesia maupun aturan FIFA," tegas Erick.

Dipercepatnya proses naturalisasi Hilgers dan Eliano ini juga agar keduanya bisa membela Timnas Indonesia pada laga lanjutan Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Di mana, Skuad Garuda akan menjalani dua laga tandang melawan Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober 2024 mendatang.(des)


0 Komentar