Rabu, 04 September 2024 19:17 WIB

Shin Tae-yong Dapat Julukan Epik dari FIFA

Editor : Yusuf Ibrahim
Shin Tae-yong. (foto istimewa)

Jakarta, Tigapilarnews.com- Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) memberikan julukan baru untuk Shin Tae-yong. Ini berkaitan dengan keberhasilan Timnas Indonesia menembus babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Julukan baru yang diberikan FIFA untuk Shin Tae-yong adalah The History Maker alias sang Pembuat Sejarah. Tak berlebihan jika FIFA memberikan julukan itu untuk pelatih asal Korea Selatan tersebut. Sejak melatih Timnas Indonesia pada akhir 2019, Shin Tae-yong telah membawa banyak perubahan ke arah yang lebih baik.

Tak hanya dari segi permainan, banyaknya pemain muda berkualitas yang menghuni timnya membuat masa depan Skuad Garuda terlihat cerah untuk beberapa tahun ke depan.

Walau belum menyumbangkan trofi untuk Tim Merah-Putih, pelatih asal Korea Selatan itu sudah menorehkan sejumlah prestasi di atas lapangan. Salah satunya adalah membawa peringkat Indonesia naik 42 tempat di bawah asuhannya, yakni dari posisi 175 pada September 2021 menjadi urutan 133 pada Juli 2024.

Selain itu, sejumlah sejarah juga sukses dicatatkan oleh Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia. Oleh karena itu, FIFA menjulukinya sebagai seorang Pembuat Sejarah atau The History Maker.

"The History Maker alias pembuat sejarah. Inilah julukan yang didapat Shin Tae-yong setelah empat tahun menjabat sebagai pelatih tim nasional Indonesia. Julukan itu datang bukan tanpa alasan, mengingat kehadiran juru taktik asal Korea Selatan itu telah memberikan dampak signifikan bagi perkembangan sepak bola di negara Asia Tenggara tersebut," tulis keterangan FIFA dalam laman resminya yang dilansir pada Rabu (4/9/2024). 

Sejarah terbesar yang dibuat Shin Tae Yong dengan Timnas Indonesia tentunya adalah membawa Marselino Ferdinan dan kolega lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sebelumnya tak pernah sekalipun negara terbesar di Asia Tenggara ini sukses melangkah sejauh itu.

Hebatnya lagi, Indonesia merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Para rival seperti Malaysia, Vietnam dan Thailand, semuanya berguguran di babak kedua. "Keberhasilan Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 zona Asia merupakan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya," lanjut keterangan FIFA.(des)


0 Komentar