Jumat, 16 Agustus 2024 09:59 WIB

Jokowi dan Iriana Gunakan Baju Adat Betawi di Sidang Tahunan MPR-DPR 2024

Editor : Yusuf Ibrahim
Jokowi bersama Iriana. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tiba di Sidang Tahunan MPR-DPR 2024. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pun Jokowi mengenakan baju adat tradisional. Tak pernah sama, kali ini Jokowi mengenakan baju adat dari Betawi.

Pakaian itu tampak berlayer mulai dari inner, jas tutup berwarna hitam, hingga peci sebagai penutup kepala untuk menambah kesan berwibawa. Sebagai bawahan, Jokowi menggunakan celana pantalon berwarna senada yang dipadukan dengan kain batik yang dililitkan di bagian pinggang dan diatur sedemikian rupa.

Tampilan Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2024 ini benar-benar berkharisma. Layaknya Tuan Agung, dia bukan hanya terlihat gagah dengan karakternya sendiri, melainkan juga tampil apik dengan perpaduan busana yang menarik. Penampilan Jokowi ini tidak memiliki filosofi tertentu.

Hanya pakaian ini yang menunjukkan pemakainya rendah hati, dinamis, lemah lembut dan berwibawa. Sementara itu, sang istri, Iriana Jokowi tampil cantik dengan kebaya bewarna krem yang tampak dipenuhi dengan detail embroidery nan cantik serta selendang berwarna senada. Iriana tampak memadukannya dengan bawahan kain songket nan elegan berwarna senada.

Kain tersebut tampak memiliki detail motif yang sederhana namun penuh makna. Iriana juga semakin elegan dengan tatanan rambut sanggul khas perempuan Jawa, serta tak lupa aksesoris anting mutiara memperindah penampilannya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Komplels Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024). Kedatanganya untuk hadiri Sidang Tahunan MPR DPR DPD. Dari pantauan, Jokowi tiba di Gedung Kura-Kura sekitar pukul 08.57 WIB. Nampak, Jokowi kenakan baju adat Betawi. Sementara sang istri, Iriana Jokowi, nampak kenakan kebaya bewarna krem.

Seturunnya, Jokowi disambut oleh Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Nampak, Jokowi juga menyapa awak media dengan melambaikan tangan. Adapun sejumlah tamu undangan seperti sejumlah menteri terpantau sudah hadir seperti Bahlil Lahadalia, AHY, Agus Gumiwang Kertasasmita, Aiangga Hartarto, Sandiaga Uno.

Nampak Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga telah hadir. Sidang Tahunan 2024 akan terdiri dari tiga agenda yaitu pertama Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan.

Kemudian Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang bersama DPR dan DPD esok, Puan akan menyampaikan pidato kenegaraan. Lalu agenda ketiga pada rangkaian Sidang Tahunan adalah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan terakhir DPR untuk periode 2019-2024.

Di agenda ini, Presiden Jokowi akan menyerahkan Pengantar Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya. Sidang Tahunan 2024 akan mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia maju. Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada venue acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik.(des)


0 Komentar