Kamis, 25 Juli 2024 09:53 WIB

Kebijakan Pemerintah Terkait Mobil Listrik Dinilai Bagus dan Tepat Sasaran

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, di ICE BSD City, Tangerang, pada 18-28 Juli, diramaikan dengan berbagai model mobil listrik. Ragam model yang ditawarkan juga berhasil menjadi pusat perhatian pengunjung.

Sebagai informasi, GIIAS 2024 diramaikan 55 merek kendaraan bermotor. Adapun merek-merek mobil yang ikut pameran ini meliputi Audi, Baic, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, dan Wuling.

Selain itu, ada merek-merek kendaraan komersial yang turut hadir yakni DFSK, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, serta UD Trucks. Sedangkan dari merek kendaraan roda dua yang bakal hadir adalah Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Gelis, Harley-Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Motoguzzi, Pacific, dan Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Volta, termasuk ZPT. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang berkesempatan mengunjungi GIIAS 2024, mengaku terkesan dengan peserta yang ikut meramaikan ajang otomotif tahunan tersebut. Ramainya pengunjung yang melihat mobil listrik juga membuatnya merasa kebijakan yang diterapkan pemerintah memdapat respon positif.

"Ini menunjukkan bahwa gairah tadi yang paling utama, jumlah pilihan mobil listrik semakin banyak dan harga semakin murah. Jadi tentu ini pendorong bahwa kebijakan mobil listrik cukup bagus dan mendapatkan respons public yang bagus," kata Airlangga di ICE BSD City, Rabu (24/7/2024).

Seperti diketahui, pemerintah memberikan insentif berupa potongan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10 persen. Bagi mobil listrik berstatus CBU juga dibebaskan dari pajak bea masuk. Sehingga, harga mobil listrik di Indonesia semakinterjangkau.(fik)


0 Komentar