Selasa, 10 Oktober 2023 20:00 WIB

Menpora Harap Festival Pemuda Indonesia Jadi Momentum Bersatu

Editor : Yusuf Ibrahim
Menpora Dito Ariotedjo. (foto Tigapilarnews.com)

Jakarta, Tigapilarnews.com- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri sekaligus membuka kegiatan Festival Pemuda Indonesia 2023 di halaman Kantor Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (10/10) sore. Defile 45 organisasi kepemudaan (OKP) yang menjadi peserta mengawali pembukaan festival ini.

"Selamat datang dan terima kasih telah datang di kegiatan Kemenpora tahun ini," ujar Menpora Dito menyambut kehadiran OKP yang mengikuti Festival Pemuda Indonesia.

"Saya memberikan welcoming speech, karena Kemenpora ini adalah sebenarnya rumah kalian juga," sambung Menpora.

Disampaikan Menpora, penyelenggaraan Festival Pemuda Indonesia dalam rangka Kemenpora ingin kembali mempersatukan dan juga membangun tali silaturahmi antara anak-anak muda yang tergabung di organisasi kepemudaan. Karenanya jumlah OKP peserta Festival Pemuda Indonesia yang mencapai 45 pada pembukaan ini masih bisa bertambah apabila ada OKP lain yang ingin bergabung.

"Bagi OKP yang merasa undangannya belum sampai, ataupun sudah sampai tetapi telat daftar, pendaftarannya tetap dibuka sampai kegiatan Festival Pemuda Indonesia selesai di 15 Oktober," sebut Menpora.

Dalam kegiatan ini serangkaian olahraga prestasi dan olahraga rekreasi dipertandingkan yang diikuti OKP peserta. Menpora Dito menyatakan, dirinya memang sengaja ingin menyinergikan olahraga dengan kepemudaan. Karena selama ini diketahui kolaborasi OKP dengan Kemenpora hanya berurusan pada Deputi Kepemudaan. Padahal sebenarnya anak muda sangat terkait dengan olahraga. 

"Sebaliknya, atlet-atlet kita juga banyak anak muda, mayoritas. Sebenarnya anak-anak muda kita juga bisa menggunakan program kepemudaan. Inilah yang kami harapkan di Festival Pemuda Indonesia, adanya sinergitas dan juga kolaborasi dari kedua bidang," papar Menpora.

Lebih lanjut Menpora mengajak masyarakat luas khususnya para pemuda untuk datang dan menikmati rangkaian acara dalam Festival Pemuda Indonesia yang berlangsung dari 10 sampai 15 Oktober mendatang ini. Pasalnya selain kegiatan-kegiatan olahraga, Festival Pemuda Indonesia ini juga diisi ragam acara seperti hiburan penampilan artis, talkshow, pameran UMKM, hingga siraman rohani.

"Kami membuat Festival Pemuda Indonesia ini dalam rangka menuju Hari Sumpah Pemuda. Meski ini bukan acara puncak Sumpah Pemuda, tetapi ini saya rasa akan seru," tuturnya.

"Semoga nanti kita bisa bersilaturahmi dan juga bersenang-senang. Dengan ini secara resmi saya buka Festival Pemuda Indonesia," kata Menpora mengakhiri sambutannya sekaligus membuka Festival Pemuda Indonesia 2023 dengan menekan sirene bersama jajaran deputi Kemenpora dan para pimpinan OKP.(mir)


0 Komentar