Selasa, 16 Mei 2023 16:09 WIB

Panglima TNI Tegaskan di Papua Secara Keseluruhan Aman dan Kondusif

Editor : Yusuf Ibrahim
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews,com - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan bahwa daerah Papua secara keseluruhan aman dan kondusif.

Dia mengakui ada beberapa yang rawan di Bumi Cenderawasih itu. “Sebenarnya daerah yang lain aman Papua ini, secara keseluruhan kondusif semuanya, namun ada daerah-daerah yang rawan, konsentrasi kita khususnya di daerah-daerah yang rawan tadi,” kata Yudo Margono dalam wawancara khusus iNews TV di Manggarai Barat, NTT, pekan lalu.

Dia membeberkan daerah-daerah yang sudah tergolong aman di antaranya Jayapura, Biak, Manokwari, hingga Sorong. Daerah aman ini terlihat dari perekonomian dan pembangunan juga berjalan lancar.

“Kalau di daerah Jayapura, Biak, Manokwari kemudian Sorong dan sebagainya kan sudah aman enggak pernah ada masalah dan perekonomian, pembangunan sudah berjalan lancar luar biasa,” tuturnya.

Sedangkan untuk daerah yang terdapat masih ada gangguan, Yudo pun menegaskan pihaknya turut hadir di sana. Dalam hal ini, prajurit TNI memastikan akan membantu pemerintah daerah (pemda) untuk mengatasi gangguan. “Tapi untuk daerah-daerah yang dalam perencanaan pembangunan kemudian ada gangguan-gangguan, kita (TNI) bantu pemerintah daerah untuk mengatasi itu,” imbuhnya.

Yudo pun membantah bahwa prajurit TNI di Papua hanya bergerak pada agenda penyerangan. Dia menjelaskan, justru prajurit TNI melakukan aktivitas positif bersama masyarakat sekitar. “Banyak sekali yang positif di sana, kita bantu saluran air untuk masyarakat yang kekurangan air. TNI banyak juga yang mengisi tenaga kesehatan karena banyak nakes (tenaga kesehatan, red) yang terganggu dan membantu masyarakat juga yang anak-anak mereka ditinggal gurunya. TNI yang di situ bermain untuk mendidik,” pungkasnya.(mir)


0 Komentar