Selasa, 21 Februari 2023 15:50 WIB

Empat Pesawat RI Kembali Kirimkan Sejumlah Bantuan ke Turki dan Suriah

Editor : Yusuf Ibrahim
Bantuan kemanusiaan terus dikirimkan Indonesia. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Ini merupakan bantuan tahap ketiga berupa logistik, dan akan dikirimkan dengan menggunakan empat pesawat, masing–masing dua pesawat untuk tiap negara. Selain Prabowo, turut mendampingi Jokowi saat melepas keberangkatan, Menlu Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto serta Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi.

Dalam keterangan pers, Jokowi mengatakan, bantuan kemanusiaan akan terus dikirimkan oleh Indonesia. Hari ini Indonesia kembali mengirimkan bantuan ke Turki dan Suriah dengan total berat 140 ton berupa bahan makanan, pakaian, dan bahan logistik lainnya dengan empat pesawat.

"Kita juga sudah mengirim Tim SAR, Tim Medis, rumah sakit lapangan serta pesawat Hercules yang sangat membantu proses evakuasi korban pada masa awal pascaterjadinya bencana di Turki dan Suriah. Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini dapat membantu saudara-saudara kita di sana," kata Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah mengirimkan bantuan gelombang pertama misi kemanusiaan pemerintah RI pada Sabtu (11/2/2023) dari Lanud Halim Perdanakusuma. Misi tersebut dibawa dengan 2 pesawat TNI AU, Pesawat Boeing 737-400 membawa 47 personel Medium Urban SAR BASARNAS (MUSAR Inasar) dan perlengkapan ringan.

Kemhan dan TNI AU juga mengirimkan perbantuan Pesawat Hercules C-130 untuk membawa perlengkapan berat dan bantuan kemanusiaan.(fik)


0 Komentar