Kamis, 16 Februari 2023 23:22 WIB

Prabowo Bantu Sumber Mata Air Baru untuk 20 Dusun di Lombok

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberikan bantuan sarana prasarana sumber mata air baru di 20 dusun di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bantuan tersebut diharapkan dapat memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih. Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksdya TNI Amarulla Octavian menjelaskan, Satgas LP2M Unhan mendapat tugas untuk melakukan survei, dilanjutkan eksplorasi sumber mata air baru hingga pipanisasi sampai ke rumah-rumah penduduk.

Hasil survei membuktikan ketepatan titik lokasi sumber mata air baru dengan kualitas baik yang langsung dapat dikonsumsi. ”Satgas Unhan RI dipimpin Dekan Fakultas Logistik Militer (FLM) Laksma TNI Agus Adriyanto, beserta para dosen dari Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan telah bertugas sejak pertengahan November 2022,” Kamis (16/2/2023).

Beberapa metode ilmiah dan teknologi baru diterapkan. Hal itu untuk mempersingkat waktu pengeboran tanah berbatu cadas hingga kedalaman 80-120 meter secara efektif dengan biaya yang lebih efisien. ”Seluruh sarana prasarana diserahkan kepada 13 Danramil dengan tanggung jawab pemanfaatan, perawatan, dan perbaikan oleh aparat dusun diawasi oleh Babinsa,” katanya.

Pemberian bantuan sumber mata air baru diharapkan bermanfaat bagi masyarakat yang selalu kekurangan air bersih. Selanjutnya, Satgas Unhan RI melanjutkan tugas untuk eksplorasi dan pipanisasi 11 sumber mata air baru di Pulau Sumbawa, NTB dan 11 sumber mata air baru di Pulau Moa, Maluku.

Terkait bantuan ini, para Kepala Desa dan Kepala Dusun menyampaikan rasa terima kasih seluruh masyarakat kepada Prabowo. Turut mendampingi Prabowo dalam penyerahan bantuan tersebut antara lain, Gubernur NTB beserta Forkompinda, dan beberapa pejabat Pemda. Termasuk Duta Besar (Dubes) People's Republic of China Bapak Lu Kang.(mir)


0 Komentar