Selasa, 29 November 2022 21:52 WIB

Qatar Bayar 1.500 Suporter dari Empat Negara untuk Meriahkan Piala Dunia 2022

Editor : Yusuf Ibrahim
Suporter Qatar. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Qatar mengerahkan 1.500 suporter bayaran dari empat negara untuk menggairahkan Piala Dunia 2022.

Suporter bayaran itu disulap sebagai ultras untuk mendukung Timnas Qatar di kandang sendiri. Sayang, kehadiran 1.500 suporter bayaran tersebut tidak mampu mendongkrak semangat tempur Timnas Qatar. Tim tuan rumah menjadi negara pertama yang tersingkir dari Piala Dunia 2022 setelah menelan dua kekalahan di Grup A.

Mereka masih menyisahkan satu pertandingan terakhir melawan Belanda sore ini. Penggemar yang keras dan bersemangat berkumpul di salah satu bagian stadion dan mengenakan kemeja merah marun dengan tulisan 'Qatar' di bagian depan diharapkan hadir lagi.

Namun New York Times melaporkan bahwa para penggemar tersebut telah dibayar untuk datang dari negara lain dan menggairahkan suasana. Utras terlihat membuat kegaduhan selama pertandingan saat mereka mencoba menghibur para pemain Qatar untuk membuat kesal.

Tetapi sebanyak 1.500 penggemar dari Lebanon, Mesir, Aljazair dan Suriah diterbangkan, menyediakan akomodasi, makanan dan tiket pertandingan gratis serta pembayaran untuk menghadiri pertandingan, menurut surat kabar Amerika.

Mereka melaporkan bahwa para penggemar asing tiba paling cepat pertengahan Oktober untuk melatih nyanyian dan mempelajari lagu kebangsaan Qatar dalam upaya meniru 'ultra budaya' yang terlihat di negara-negara Eropa.

Seorang ultra Lebanon yang tidak disebutkan namanya menegaskan bahwa uang bukanlah faktor motivasi murni bagi para penggemar yang telah diterbangkan untuk mendukung negara tuan rumah.

Mereka mengatakan kepada New York Times: "Adalah tugas kami untuk mendukung negara Arab. Kami berbagi bahasa yang sama. Kami berbagi budaya yang sama. Kami adalah jari di tangan yang sama.''

"Kami ingin menunjukkan kepada dunia sesuatu yang istimewa. Anda akan melihat sesuatu yang istimewa."

Banyak kritik yang dilontarkan kepada negara Timur Tengah tersebut sejak mereka meraih hak menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Satu komentar yang konsisten adalah bahwa negara tersebut tidak memiliki budaya penggemar yang terlihat di negara lain yang sebelumnya menjadi tuan rumah turnamen tersebut.

Ada kontroversi bahkan sebelum satu bola ditendang setelah diklaim bahwa ratusan "penggemar palsu" telah dibayar untuk berparade melalui Qatar pada hari-hari menjelang pertandingan pembukaan.(fik)


0 Komentar