Rabu, 16 November 2022 12:03 WIB

BRI Cetak Laba Bersih Rp39,31 Triliun

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berhasil mencetak laba bersih Rp39,31 triliun pada periode Januari-September 2022.

Laba bersih ini tumbuh 106,14% (yoy) dibandingkan periode sebelumnya. Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, laba tersebut berasal dari kinerja perusahaan yang impresif berkat keberhasilan transformasi yang telah digulirkan sejak awal pandemi.

"Dalam sembilan bulan, periode Januari-September, BRI Group mencatatkan laba bersih Rp39,31 triliun tumbuh 106,14% (yoy) dengan total aset meningkat 4% menjadi Rp1.684,6 triliun," ujar Sunarso dalam konferensi pers Pemaparan Kinerja Keuangan BRI Kuartal III Tahun 2022, Rabu (16/11/2022).

Peningkatan aset sebesar 4% menjadi Rp1.684,6 triliun tidak lepas dari strategi responsif BRI menghadapi berbagai tantangan dan kebijakan dari pemerintah. "Hingga akhir September 2022, BRI mampu menjaga fundamental kinerja keuangan yang solid dan fokus kepada core business di UMKM dan kualitas aset yang terjaga dengan baik, serta likuiditas yang kami rasakan sangat memadai," katanya.

Menurut Sunarso, fungsi intermediasi penyaluran kredit maupun penghimpunan dana masyarakat mampu tumbuh secara positif. BRI mampu menjaga pertumbuhan secara berkelanjutan dengan aspek likuiditas terutama pertumbuhan dana murah atau CASA, serta menjaga kualitas aset terutama kredit yang terdampak pandemi Covid-19.

"BRI mampu mencatat pertumbuhan fee income yang semakin baik, dengan meningkatnya transaksi secara digital. Kemudian, berkat transformasi digital pula yang terus kami lakukan secara berkelanjutan," ujar Sunarso.

Sunarso mengungkapkan, saat ini, perekonomian dunia dalam kondisi penuh tantangan, dari laporan IMF edisi Oktober, sepertiga ekonomi dunia diperkirakan masuk jurang resesi tahun depan. Namun, di tengah tantangan, hingga akhir kuartal III, BRI meraih kinerja impresif berkat transformasi BRIVolution 2.0 sejak awal pandemi terjadi.(fik)


0 Komentar