Selasa, 15 November 2022 17:43 WIB

Elektabilitas Prabowo Subianto Disebut Tak Tergoyahkan

Editor : Yusuf Ibrahim
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih teratas dan tidak tergoyahkan berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga Political Weather Station (PWS) pada November 2022.

Elektabilitas Prabowo Subianto masih kokoh berada di atas dari deretan nama tokoh nasional yang berpotensi menjadi capres 2024. Hasil tersebut terlihat setelah PWS melakukan simulasi terhadap 11 nama calon, dengan menanyakan pilihan responden atas nama-nama tokoh tersebut jika pilpres dilaksanakan hari ini.

"Hasil survei PWS menunjukkan bahwa Prabowo Subianto dipilih oleh 29,5% responden," kata Peneliti PWS Sharazani saat memaparkan hasil survei secara daring, Selasa (15/11/2022).

Adapun di peringkat kedua, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 20,9%. Kemudian, di peringkat ketiga yakni eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan tingkat elektabilitas sebesar 19,8%. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di urutan keempat dengan 7,5%.

Disusul Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 4,2% dan Menteri BUMN Erick Thohir 3,9%. Selanjutnya, Kepala Staf Presiden Moeldoko (3,8%), Menparekraf Sandiaga Uno (2,8%), Ketua DPR Puan Maharani (2,1%), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (2%), dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (1,1%).

Adapun 2,4% responden menjawab tidak tahu. "Dengan demikian, sejak survei PWS dilakukan bulan Januari 2022, elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto selalu berada di atas dan tak tergoyahkan oleh dinamika elektabilitas tokoh-tokoh lain," ujarnya.

Diketahui, survei PWS ini dilakukan pada periode 4-11 November 2022 di 34 Provinsi di Indonesia. PWS melibatkan 1.200 warga negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki hak pilih dan tersebar di 34 provinsi sebagai responden. Pemilihannya menggunakan teknik systematic random sampling. Mereka diwawancara melalui sambungan telepon dengan pedoman kuesioner. Adapun toleransi kesalahan (margin of error/MoE) survei sekitar 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.(mir)


0 Komentar