Senin, 04 Juli 2022 10:12 WIB

Yaqut Nilai Peningkatan Layanan Haji Buat Jamaah Kian Senang

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Agama (Menag) yang juga Amirul Hajj Yaqut Cholil Qoumas menilai jamaah haji Indonesia sangat bergembira atas dibukanya penyelenggaraan haji tahun ini oleh Kerajaan Arab Saudi.

Aura kegembiraan itu dirasakan langsung Yaqut begitu melihat jamaah dalam pesawat yang sama dengannya ketika berangkat ke Tanah Suci, Minggu (3/7/2022) kemarin. Meski baru melihat reaksi awal saat jamaah dalam proses pemberangkatan, namun Yaqut menilai peningkatan layanan haji tahun ini akan membuat jamaah kian senang.

"Tadi saya penerbangan kloter terakhir menyaksikan di paling belakang pesawat, saya melihat jemaah sumringah, senang dan gembira. Semoga kebahagiaan ini bertahan hingga semua pulang. Saya melihat pelayannya pun sangat baik," ujar ujar Yaqut setibanya di Terminal Haji Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Senin (4/7/2022) dini hari.

Atas kebahagiaan yang dirasakan oleh jamaah Indonesia ini, Yaqut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pemimpin Saudi. Dia menilai, para pemimpin Saudi banyak memberikan kemudahan dan pelayanan menyenangkan khususnya bagi jamaah Indonesia.

"Terima kasih kepada raja, putra mahkota dan menteri haji, yang memberikan banyak kemudahan yang membuat pelayanan kita lebih baik kepada jamaah," terangnya.

Tak hanya di Tanah Suci, Menag menilai komitmen Saudi memberikan peningkatan layanan juga diberikan di Indonesia. Kontribusi positif Saudi itu antara lain dibuktikan dengan layanan dan fasilitas Kedutaan Saudi di Indonesia yang kian mudah dan cepat.

Dalam kesempatan itu, Amirul Hajj juga meminta petugas dan jamaah haji sama-sama menjaga kesehatan. Sebab suhu di Saudi sangat berbeda jika dibandingkan di Indonesia. "Saya harap di sisa waktu sampai puncak ibadah haji petugas dan jamaah masing-masing tetap jaga kesehatan dan perdalam manasik," pintanya.

Tak hanya itu, Amirul Hajj juga mengingatkan para petugas tidak lupa dengan kewajibannya yakni melayani jamaah dengan sebaik mungkin. Menurut dia, jika jamaah terlayani dengan baik, maka jamaah bisa beribadah dengan baik. "Kita semua juga bisa mendapat haji mabrur dan mabruroh," terangnya.

Menag Yaqut tiba di Bandara Jeddah pada pukul 01.09 waktu Arab Saudi. Kedatangan Menag disambut langsung Dubes RI untuk Arab Saudi Abdul Azis Ahmad, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, Sekjen Kemenag Nizar Ali, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Ketua PPIH Arsad Hidayat dan Kepala Kantor Urusan Haji Nasrullah Jasam.(fik)


0 Komentar