Rabu, 22 Juni 2022 13:45 WIB

Didorong Hasilkan Profit Maksimal, Kementerian BUMN Petakan Fokus Bisnis Bank di Himbara

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian BUMN terus menargetkan perbankan pelat merah agar bisa menghasilkan profit maksimal.

Salah satunya dengan memetakan fokus bisnis masing-masing bank di Himbara. Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan pemetaan bisnis juga menghindari persaingan antara anggota Himbara yang memperebutkan sektor pembiayaan korporasi, namun melupakan pelaku UMKM.

"Menteri Erick telah menancapkan dua fokus prioritas dalam mewujudkan keseimbangan melalui pendanaan dan pendampingan. Untuk itu, Erick pun memetakan fokus masing-masing bank BUMN agar tak lagi saling bersaing memperebutkan sektor pembiayaan korporasi besar dan melupakan UMKM," demikian keterangan Kementerian BUMN melalui akun Twitter, dikutip Rabu (22/6/2022).

Erick telah menetapkan segmentasi masing-masing bank BUMN. Dia menugaskan Bank Mandiri fokus pada korporasi, BRI menggarap pasar UMKM, dan BNI menjadi bank internasional yang berorientasi ekspor produk Indonesia. Peran Himbara juga diharapkan menjadi katalis positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Bank Mandiri fokus menggarap segmen korporasi. BNI memiliki tugas khusus untuk menggarap bisnis international banking dan digital banking. Dengan kekuatan BNI yang kini memiliki kantor cabang luar negeri, diharapkan bisa bekerja sama dengan pengusaha-pengusaha dalam negeri yang melakukan bisnis di luar negeri.

Sementara Bank BRI fokus pada UMKM dan ultra mikro melalui sinergi holding BUMN Ultra Mikro, bersama PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM. Lalu BTN akan tetap fokus menggarap kredit kepemilikan rakyat (KPR).(mir)


0 Komentar