Senin, 18 April 2022 13:22 WIB

Jokowi: Diperlukan Berbagai Terobosan Mulai dari Tranformasi Digital Hingga Hukum

Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden Joko Widodo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam memerangi kejahatan ekonomi yang semakin masif dan kompleks ada hal-hal yang perlu dilakukan dan menjadi perhatian.

Pertama, diperlukan berbagai terobosan mulai dari tranformasi digital hingga terobosan hukum. "Pertama, kita perlu terus-menerus melakukan terobosan, secepatnya melakukan transformasi digital yang mengadopsi regulatory technology, menemukan terobosan hukum atas berbasis permasalahan-permasalahan yang fundamental," ujar Jokowi dalam arahannya pada acara Peringatan 20 tahun Gerakan APU PPT yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022).

Langkah lainnya yang perlu dilakukan, kata Jokowi, yakni PPATK juga perlu terus meningkatkan layanan digital dan juga mengembangkan platform -platform pelayanan baru

"Menyempurnakan terobosan layanan digital yang sudah dimiliki, mengembangkan pusat pelayanan digital yang lengkap terintegrasi dan real time dan mampu melayani para pemangku kepentingan dengan cepat mudah tepat dan akurat," katanya.

Hal lainnya yang menjadi perhatian yakni seluruh kementerian dan lembaga termasuk PPATK sebagai vocal point dan financial intelegent unit harus jelih dan mampu bergerak cepat serta memiliki kemampuan dan perangkat untuk menangani modus-modus baru. 

Modus-modus baru itu terkait tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme yang telah melewati batas-batas negara serta telah menjadi kejahatan internasional.

"Lakukan antisipasi sedini mungkin di berbagai tingkatan untuk mencegah upaya-upaya yang dapat menggangu integritas dan stabilitas sistem perekonomian dan sistem keuangan kita dan mengantisipasi peningkatan kejahatan ekonomi seperti cyber crime dan kejahatan lain yang memanfaatkan kecanggihan teknologi," katanya.(mir)


0 Komentar