Kamis, 10 Maret 2022 16:32 WIB

Erick Thohir Ingatkan MotoGP di Mandalika Ajang Semua Rakyat Indonesia

Editor : Yusuf Ibrahim
Penonton atau warga sekitar berfoto di Sirkuit Mandalika. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan ajang milik semua rakyat Indonesia.

Pasalnya, ajang bergengsi dunia ini digadang-gadang mampu memajukan makro ekonomi nasional. Erick mencatat MotoGP 2022 Mandalika mampu mendorong bergeliatnya sektor pariwisata Tanah Air yang sebelumnya tertekan akibat pandemi Covid-19.

Bahkan, mampu membawa nama besar Indonesia di kancah internasional. Itu lantaran pemerintah berambisi menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi MotoGP dalam 10 tahun ke depan. Pada tahun ini Dorna Sports menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP.

"Ini acara kita semua. Tak hanya tahun ini, tapi juga dalam 10 tahun ke depan. Mari dukung Pertamina Grand Prix of Indonesia untuk memajukan ekonomi dan pariwisata kita, serta menjadikan Indonesia maju, makmur, dan mendunia," ungkap Erick melalui akun Instagramnya, Kamis (10/3/2022).

Sambung Erick Thohir menilai MotoGP sebagai ajang bertaraf internasional yang menjadi kesempatan terbaik bagi negara dan masyarakat memperkenalkan Indonesia di mata dunia. Momentum ini menjadi alasan utama Erick Thohir melakukan pengawalan baik proses konstruksi sirkuit gungga proses penyelenggaraan event MotoGP nantinya.

Terutama, ada sinergi dan kontribusi BUMN di dalamnya, mulai dari pembangunan sirkuit, infrastruktur pendukung, sarana akomodasi hingga sponsorship.

Adapun perusahaan pelat merah yang mengambil peran strategis sejak awal hingga pelaksanaan MotoGP diantaranya, Holding BUMN Pariwisata atau InJourney, PT Pertamina (Persero), PT Angkasa Pura (Persero), PT Telkom Indonesia Tbk, PT Pelindo (Persero), PT PP (Persero), PT Wijaya Karya (Persero), hingga Himbara. "Beberapa BUMN terlibat mulai dari InJourney, Pertamina, Angkasa Pura, Pelindo, PP, WIKA, Telkom, dan juga Himbara," kata Erick.

Erick mencatat total kontribusi perusahaan negara terhadap pelaksanaan MotoGP 2022 mencapai Rp 3,8 triliun. Jumlah itu terdiri dari investasi pembangunan sirkuit, infrastruktur pendukung, pembangunan hotel untuk akomodasi, dan sponsorship.(kah)


0 Komentar