Senin, 07 Maret 2022 15:31 WIB

Himpunan Pengusaha Nahdliyin Diyakini Lari Sangat Kencang Dipimpin Tyovan Ari Widagdo

Editor : Yusuf Ibrahim
Tyovan Ari Widagdo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tyovan Ari Widagdo terpilih secara aklamasi dalam Konferensi Nasional Luar Biasa (Konfernaslub) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) yang berlangsung di Hotel Patra Semarang.

“Terima kasih atas kepercayaan dan harapan luar biasa dari bapak ibu semuanya, saya akan jaga amanah kepercayaan ini untuk mengembalikan semangat nahdhatul tujar, mengembangkan organisasi untuk kesejahteraan para nahdliyin,” ujar Tyovan Ari Widagdo, Ketua Umum terpilih dalam kata sambutannya beberapa saat setelah dinyatakan sah oleh pimpinan sidang.

Tiovan Ari Widagdo adalah seorang pengusaha milenial yang sukses di Indonesia. Ia adalah salah satu pemuda kebanggaan Indonesia yang sukses berkarir dalam Industri Teknologi dan diakui oleh dunia. Tahun 2017, Majalah Forbes memberikan predikat pada Tyovan sebagai salah satu inovator muda global dan pengusaha muda yang luar biasa dari Asia. Gus Tyo – panggiln akrabnya -- adalah sosok pemuda inspiratif Indonesia.

Kariernya dalam bidang industri teknologi informasi sudah dimulai sejak usia 17 tahun saat duduk di bangku kelas 2 SMA. Tyovan mendirikan perusahaannya sendiri, yaitu Bahaso dan Vemobo yang berfokus pada pengembangan website, aplikasi website dan sistem informasi untuk coorporate. "Gus Tyovan bukan saja pakar di bidang IT, tetapi juga mencintai pekerjaannya, dan konsisten berkarir di dunia itu sejak remaja sampai kini," terang Samsul B Ibrahim, Ketua HPN DKI Jakarta kepada media ini.

Senada dengan Samsul, Ainun Najib, rekan Tyovan menyampaikan harapannya, HPN akan lari sangat kencang di masa depan, jika dinakhodai seorang pemimpin besar muda sekaliber Tyovan Ari Widagdo. Ainun Najib, Head of Analytics, Platform and Regional Business Grab di Singapura ini mengatakan, era ke depan dunia bisnis sangat berorientasi pada IT, dan Tyovan ada pelaku usaha yang bergerak bidang itu. “Tyo relevan dengan bisnis masa depan,” ujarnya.

Tyovan dalam visi misinya sebagai Calon Ketua Umum menyampaikan empat pilar HPN ke depan, yaitu HPN Strong, HPN Network, HPN Capital dan HPN Academy. HPN Strong menurut Typvan, bisa dilakukan dengan penguatan organisasi dan menerapkan manajemen professional, penguatan database dan strategic mapping, branding HPN penguatan strategi perekrutan, dan apresiasi penguasaha HPN (HPN Award). HPN Network adalah, memberikan akses jejaring bisnis yang luas internal dan eksternal, serta memberikan akses project dan market ke sektor B2B, B2C dan B2G. 

HPN Capital, terangnya, memberikan akses permodalan yang disediakan oleh pemerintah, Bank, Angel Investor, Venture Capital, Private Equity dan lembaga keuangan lainnya. Sedangkan HPN Academy melakukan peningkatan kapasitas pengusaha HPN, mentoring, pelatihan entrepreneurship, business management, financial management, marketing, operation, production, digitalisasi. “Anggota HPN harus rajin ngaji, bukan saja ngaji kitab, tapi ngaji bisnis dan ngaji saham,” papar Tyovan.

Konfernas Luar Biasa 2022 digelar atas inisiasi 16 Pengurus Wilayah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Aceh, Sumatera Utara, NTB, Kalsel, Kaltim, Kalbar, Kaltara, Sulawesi Tengah, Papua dan Papua Barat, 16 dari 18 Pengurus Wilayah HPN yang sah. Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang semula merencanakan menggelar Konferensi Nasional, dan menundang Ketua Umum periode 2016-2021 Abdul Kholik. Setelah menunggu sampai batas waktu yang ada, Abdul Kholik tidak hadir, pimpinan sidang menayakan kepada peserta, apakah cukup quorum untuk dinyatakan sebagai Konfernas Luar Biasa? Setelah pimpinan sidang, Dr H Asep Syaripudin, Samsul B Ibrahim dan Dr. Dedi Masri, MA, memeriksa daftar hadir dan menghitung jumlah peserta sah yang hadir, ternyata jumlah peserta 88 persen melebihi ketentuan AD/ART yang mensyaratkan Konfernaslub bisa digelar atas kehendak setengah lebih satu anggota. 

Pimpinan sidang melanjutkan sidang dengan mendemisionerkan pengurus lama dan menetapkan Ketua Umum/Formatur periode 2022-2027. Ketua Pengurus Wilayah Jawa Tengah, H Muhammad Mahsun mengatakan, dirinya bersyukur telah selesai melaksanakan musyawarah yang damai dengan antusias yang besar dari peserta. Ia optimis, ke depan organisasi ini lebih baik. “Secara musyawarah mufakat kita telah selesai melakukan proses regenerasi, dari pemimpin tua kepada pemimpin muda. Konfernaslub tadi sudah menghasilkan beberapa keputusan, selain menetapkan ketua umum baru, juga menyatakan demisioner pengurus lama dan membatalkan segala putusan yang dibuat pengurus setelah Juli 2021. “Semuanya produk hukum illegal, sudah dibatalkan peserta Konfernaslub,” ujar H. Mashun.(mir)


0 Komentar