Rabu, 02 Februari 2022 11:37 WIB

Warna Seragam Baru Satpam Dinilai Mirip dengan Kepolisian India

Editor : Yusuf Ibrahim
Satpam dengan seragam baru. (foto istmewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Seragam baru personel satuan pengamanan (Satpam) resmi dikenalkan hari ini, Rabu (2/2/2022).

Seragam baru satpam akan diperkenalkan dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta. Nantinya, seragam satpam yang baru berwarna krem. Berbeda dari sebelumnya berwarna cokelat muda yang diubah tahun lalu dari warna biru.

Adapun diubahnya alasan Polri mengubah warna seragam satpam karena dinilai terlalu mirip dengan seragam anggota kepolisian. Masyarakat kerap kesulitan membedakannya sehingga warna seragam satpam kembali diganti. Perubahan warna seragam baru satpam menjadi krem ini pun mendapat komentar beragam dari netizen.

Ada yang menyamakan seragam baru satpam dengan seragam kepolisian India. "Bener kan, seragam baru satpam mirip polisi India," cuit akun @Gilang_mahesa dikutip, Rabu (2/2/2022).

"Janganlah pakai seragam polisi india bisa-bisa karakternya sama dengan aslinya ndak boleh lihat taman dan suara gendang pasti berlari-lari ria dan berjoged ria-ria. Ya bila punya saran dipakaikan baju adat saja," ujar akun @ro40097553.

Netizen juga menyampaikan kritiknya terhadap perubahan warna seragam satpam dari biru putih ke cokelat muda. Warna biru putih dinilai lebih berwibawa dan enak dipandang. "Udah paling bener tuh yang seragam atasannya putih itu. Kaya lebih berwibawa dan enak dilihat kok. Kalo liat yang coklat langsung gemeter dikira polisi. Yang ini kayak satpam india. Kayak kurang sreg aja gitu," cuit akun @lavanyatips.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Terkait seragam itu, kata Ramadhan, nantinya akan dipastikan pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) satpam pada 31 Januari 202 mendatang. "Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," ucap Ahmad, Jakarta, Rabu (12/1/2022).(kah)


0 Komentar