Senin, 31 Januari 2022 13:59 WIB

Gus Miftah Tanggapi Wasiat Dorce Gamalama

Editor : Yusuf Ibrahim
Gus Miftah. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dorce Gamalama mengatakan minta dimakamkan sebagai perempuan saat dirinya meninggal nanti.

Wasiat Dorce ini langsung ditanggapi oleh Gus Miftah yang menyebut sang artis harus kembali ke kodratnya sebagai laki-laki. Gus Miftah megatakan secara fikih, Dorce tetap sebagai laki-laki meski sudah menjalani operasi kelamin.

Oleh karena itu, pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta tersebut menyarankan pemakaman dengan cara laki-laki. "Pengebumiannya sepanjang yang saya tahu, yaitu kembali ke kodrat asal dulu dia dilahirkan. Artinya kalau dulu dia dilahirkan dalam keadaan laki-laki, sebaiknya, seyogyanya juga dimakamkan dalam keadaan laki-laki," kata Gus Miftah dikutip dari kanal YouTube Official Nitnot pada Senin (31/1/2022).

Lebih lanjut Gus Mifah menjelaskan bahwa pengurusan jenazah perempuan dan laki-laki berbeda. Perbedaan tersebut terdapat pada niat salat jenazah, penggunaan kain kafan yang lebih banyak pada perempuan hingga doa. "Siapa pun yang lahir, sesuai dengan jenis kelaminnya ya itulah cara dia dimakamkan," jelas Gus Miftah.

Di sisi lain, ulama kenamaan Tanah Air itu menegaskan bahwa wasiat yang melanggar perintah agama, tidak harus dilakukan. Menurut Gus Miftah, idealnya wasiat dilakukan jika mengandung kebaikan di dalamnya. "Tidak ada kemaksiatan, apalagi melanggar syariat. Tapi kalau wasiat itu melanggar syariat, melanggar perintah agama, tentunya wasiat itu tidak harus dilakukan," tandasnya.(kah)


0 Komentar